Simbolisme dan Kupu-kupu

Manusia telah berhubungan dengan alam di sepanjang zaman. Banyak budaya, baik asli maupun kuno, yang menggunakan energi dan simbolisme alam sebagai totem. Totem adalah objek alam, seperti binatang atau serangga, yang memiliki arti khusus bagi suatu kaum. Zodiak China misalnya, didasarkan pada tanda-tanda hewan. Penduduk asli Amerika telah menggunakan karakteristik hewan untuk mempelajari kekuatan kebajikan, kesabaran, kecerdasan, dan banyak lagi.

kupu-kupu

Kupu-kupu adalah hewan yang umum di seluruh dunia. Ada lebih dari 28.000 spesies kupu-kupu dan 80% darinya ada di daerah tropis. Meskipun hewan ini melambangkan hal yang berbeda dalam berbagai budaya, secara universal kupu-kupu mewakili perubahan dan transformasi. Mengapa? Karena kupu-kupu adalah serangga yang hidupnya diawali dalam satu bentuk dan berakhir dalam bentuk lain. Dimulai sebagai makhluk merangkak yang “berhibernasi” dalam bentuk kepompong, kemudian bergabung kembali dengan dunia sebagai serangga terbang.

Simbolisme Kupu-kupu dalam Kristen: Kebangkitan

Budaya Kristen memandang kupu-kupu sebagai simbol kebangkitan. Seperti yang digambarkan dalam kisah Kristus yang mati di kayu salib lalu dikuburkan selama tiga hari, dan kemudian hidup lagi untuk menawarkan harapan kepada semua orang Kristen tentang kehidupan setelah kematian, itu adalah simbol yang sangat signifikan selama musim Paskah.

Kupu-kupu bisa dilihat sebagai serangga yang “mati” sebagai ulat, dimakamkan dalam kepompong untuk waktu yang lama, dan muncul kembali dalam kehidupan baru sebagai makhluk yang memiliki kemampuan luar biasa dan terbang ke langit. Dalam banyak kalangan spiritual tertentu, kupu-kupu mewakili roh atau jiwa.

Simbolisme Kupu-kupu di Asia: Panjang Umur dan Cinta

Ada sebuah legenda dalam bahasa Mandarin China tentang seorang pemuda yang menemukan dirinya berada di taman milik orang Mandarin kaya. Pada saat itu, tindakan memasuki taman orang kaya adalah terlarang. Mengapa ia tetap menjelajah ke daerah terlarang ini? Karena ia sedang mengejar kupu-kupu yang indah. Apa yang terjadi berikutnya adalah kisah cinta. Putri Mandarin jatuh cinta dan merekapun menikah.

Bahasa Mandarin untuk kupu-kupu adalah ‘hu-Tieh’. Tieh berarti ’70 tahun’, oleh karena itu, kupu-kupu menjadi simbol dari kehidupan yang panjang. Bagi orang China, dua kupu-kupu yang terbang bersama-sama mewakili cinta. Di Jepang, kupu-kupu mewakili harapan dan kebahagiaan perkawinan. Di Amerika Serikat, kupu-kupu yang dilepaskan pada akhir upacara pernikahan melambangkan cinta dan pernikahan yang menjanjikan.

Komentar Anda