Hewan Langka Asia: Macan Tutul Salju

Tidak seperti sepupu mereka yang lebih besar, harimau, macan tutul salju (snow leopard) hanya memiliki sedikit perlindungan di habitat asli mereka. Habitat asli macan tutul salju berada di padang rumput tempat mangsa-mangsa mereka merumput, yang juga berada di tempat yang dengan para peternak. Hal ini menyebabkan berkurangnya hewan mangsa karena persaingan makanan dengan hewan ternak, yang membuat macan tutul beralih memangsa hewan-hewan ternak. Macan tutul salju yang kedapatan memangsa ternak seringkali dibunuh oleh para petani.

macan tutul salju

Macan tutul salju juga secara sengaja diburu untuk diambil bulunya, serta bagian-bagian tubuh lain yang digunakan dalam pengobatan tradisional China sebagai pengganti bagian tubuh harimau yag sudah jarang ditemukan. Bagian-bagian tubuh itu antara lain tulang, daging cakar, dan organ-organ seksual. Perburuan hewan hidup untuk digunakan dalam sirkus dan kebun binatang juga mengurangi populasi hewan ini di alam liar.

Selama satu dekade terakhir, banyak habitat asli macan tutul salju di wilayah Timur Dekat telah menjadi daerah konflik militer besar. Kerusakan habitat karena aksi militer dan tuntutan masyarakat pengungsi terhadap sumber daya lokal telah berdampak signifikan pada berkurangnya habitat asli binatang ini.

Nama Latin: Panthera uncia

Lokasi: Afghanistan, Bhutan, China, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Mongolia, Nepal, Pakistan, Russia, Tajikistan, dan Uzbekistan.

Klasifikasi Ilmiah:

Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Mammalia
Order: Carnivora
Family: Felidae
Subfamily: Pantherinae
Genus: Panthera
Species: P. uncia

Komentar Anda