Mengenal Penduduk dan Bahasa Italia

Sebagian besar orang Italia tinggal di daerah perkotaan. Kota terbesar di Italia dari segi jumlah penduduk adalah Roma, Milan, dan Napoli. Roma dan Milan masing-masing memiliki lebih dari satu juta penduduk. Banyak kota-kota di negara itu dikelilingi oleh wilayah metropolitan besar.

Orang Italia

Daerah yang paling padat penduduknya di negara ini adalah wilayah industri di Lombardy dan Liguria di barat laut, wilayah Latium di Italia tengah, dan wilayah Campania di selatan. Daerah dengan kepadatan penduduk terendah adalah pegunungan utara dan selatan.

Seperti di sebagian besar negara Eropa, pertumbuhan penduduk di Italia telah mendatar. Hanya sedikit keluarga yang memiliki lebih dari dua anak. Tingkat pernikahan di Italia juga telah menurun.

Sekitar 95 persen orang Italia adalah etnis Italia. Secara tradisional, satu-satunya etnis minoritas yang cukup besar adalah Jerman yang tinggal di wilayah Trentino-Alto Adige, yang berbatasan dengan Austria, dan etnis Slovenia yang mendiami wilayah Trieste, di sepanjang perbatasan Italia dan Slovenia. Sejumlah orang dari etnis Perancis tinggal di wilayah Valle D’ Aosta, dekat perbatasan Italia dengan Perancis dan Swiss. Etnis Maroko dan Albania membentuk dua kelompok besar lain yang telah berimigrasi ke Italia sejak akhir 1900-an.

Seperti bahasa Perancis dan Spanyol, bahasa Italia adalah bahasa Romawi, satu dari beberapa bahasa yang berasal dari bahasa Latin. Bahasa Italia standar berevolusi dari dialek yang diucapkan di Tuscany. Penggunaannya di sekolah umum dan di televisi telah membantu menjadikannya bahasa utama di sebagian besar wilayah Italia. Beberapa orang masih menggunakan dialek regional yang sangat berbeda satu sama lain.

Hanya sedikit masyarakat di Italia yang tidak menggunakan bahasa Italia sebagai bahasa utama. Bahasa Jerman adalah bahasa pertama bagi banyak orang di daerah Trentino-Alto Adige. Sedangkan bahasa Perancis dituturkan sebagai bahasa pertama di bagian barat laut Italia. Bahasa Slovenia, bahasa Slavia, dan bahasa Ladin, bahasa yang mirip dengan bahasa Romansh dari Swiss, digunakan di bagian utara Venesia. Italia Selatan memiliki beberapa masyarakat yang menggunakan bahasa Yunani-Albania.

Komentar Anda