Bentuk Pemerintahan dan Politik Italia

Bentuk pemerintah Italia yang sekarang dimulai pada tahun 1946. Pada tahun itu, warga Italia memilih untuk mengubah sistem negara mereka dari monarki yang diperintah oleh seorang raja menjadi republik yang dipimpin oleh seorang presiden. Raja Umberto II (Humbert II) segera meninggalkan tahtanya.

Rakyat memilih 556 anggota Majelis Konstituante untuk membuat konstitusi. Konstitusi ini disetujui pada tahun 1947 dan berlaku efektif mulai 1 Januari 1948. Konstitusi menetapkan sistem pemerintahan yang terdiri atas seorang presiden, kabinet yang disebut Dewan Menteri yang dipimpin oleh seorang perdana menteri, dan Majelis Parlemen yang terdiri atas Senat dan Majelis Rendah (deputi).

Senat Italia
Presiden Presiden Italia dipilih untuk masa jabatan tujuh tahun oleh Majelis Parlemen dan sejumlah kecil perwakilan regional. Presiden harus berusia minimal 50 tahun. Ia menunjuk seorang perdana menteri yang membentuk pemerintahan. Presiden memiliki kekuasaan untuk membubarkan parlemen dan menggelar pemilu baru. Presiden adalah panglima angkatan bersenjata Italia dan dapat menyatakan perang. Italia tidak memiliki wakil presiden. Jika presiden Italia sakit, presiden dari Senat Italia mengambil alih tugasnya. Jika presiden meninggal, maka pemilihan presiden akan diselenggarakan.

Perdana menteri dan kabinetPerdana menteri menentukan kebijakan nasional dan merupakan orang yang paling penting dalam pemerintahan Italia. Perdana menteri dipilih oleh presiden -biasanya dari anggota Majelis Parlemen dan harus disetujui oleh anggota Majelis Parlemen. Perdana menteri tidak memiliki masa jabatan tertentu dan dapat diberhentikan oleh Parlemen setiap saat.

Anggota kabinet dipilih oleh perdana menteri, dan mereka biasanya dipilih dari anggota Parlemen. Mereka kemudian diangkat oleh presiden dan harus disetujui oleh Majelis Parlemen. Perdana menteri Italia dan kabinet secara resmi disebut pemerintah.

Parlemen terdiri atas Majelis Rendah (deputi) dan Senat. Keduanya memiliki kekuatan yang sama dalam mengesahkan undang-undang. Majelis Rendah memiliki 630 anggota, sedangkan Senat memiliki 315 anggota terpilih. Selain itu, sejumlah kecil senator diangkat seumur hidup oleh presiden. Semua mantan presiden juga menjadi senator seumur hidup. Deputi dipilih oleh rakyat dari 27 konstituen (wilayah) Italia dan oleh warga negara Italia yang tinggal di luar negeri. Sedangkan senator dipilih oleh rakyat dari 20 wilayah Italia dan oleh warga negara Italia yang tinggal di luar negeri.

Baik deputi dan senator dipilih oleh sistem berdasarkan perwakilan proporsional. Dalam sistem ini, persentase kursi yang dimenangkan oleh setiap partai politik didasarkan pada persentase suara yang diterima oleh kandidat partai. Deputi dan senator dipilih untuk masa jabatan lima tahun. Tapi presiden dapat membubarkan parlemen dan menyerukan pemilu baru sebelum masa kerjanya habis.

Beberapa partai politik menempatkan perwakilannya di Parlemen Italia. Partai-partai politik membentuk koalisi (kemitraan) agar memiliki kekuatan yang cukup untuk mengontrol pemerintahan.

Politik nasional Sejak tahun 1948, Italia telah cukup banyak mengalami perubahan kabinet. Sebagian besar kabinet hanya bekerja kurang dari satu tahun. Tetapi banyak anggota dari suatu kabinet tetap menjabat pada tahun berikutnya, sehingga tetap kontinyu. Dalam pemerintahan koalisi, anggota kabinet berasal dari partai politik yang berbeda. Jika beberapa pihak di kabinet tidak setuju dengan kebijakannya, mereka bisa menarik dukungan dan membentuk kabinet baru.

Koalisi partai politik mendominasi pepolitikan Italia. Sejak 1990-an, partai-partai utama cenderung mengelompokkan diri menjadi dua koalisi yang berlawanan, satu cukup konservatif dan yang lain cukup liberal.

Pemerintah daerah Italia memiliki sistem kesatuan pemerintahan. Di Italia, ini berarti bahwa pemerintah nasional memiliki sebagian besar kekuasaan.

Negara ini terbagi menjadi unit-unit pemerintahan besar yang disebut region (daerah). Setiap daerah dibagi lagi menjadi provinsi, dan setiap provinsi terdiri atas sejumlah komune. Setiap daerah, provinsi, dan komune memiliki dewan satu “kamar” terpilih yang disebut consiglio, dan badan eksekutif yang disebut a giunta.

Konstitusi 1948 mencakup sistem pemerintah daerah yang tidak selesai sampai tahun 1970-an. Saat ini, terdapat 20 pemerintah daerah di negara ini. Setiap daerah diperintah oleh seorang presiden yang terpilih secara demokratis dengan masa jabatan empat tahun. Konstitusi Italia memberikan kekuasaan administratif dan legislatif yang luas kepada pemerintah daerah.

Masing-masing provinsi Italia dinamai sesuai nama kota utamanya dan dipimpin oleh dewan terpilih dan pejabat yang disebut prefect. Rakyat memilih setiap prefect untuk masa jabatan empat tahun. Komune adalah unit terkecil pemerintah daerah Italia. Setiap komune dipimpin oleh seorang walikota yang dipilih oleh warganya untuk masa jabatan empat tahun.

Pengadilan Semua hakim pengadilan Italia ditunjuk, bukan dipilih. Kecuali 15 hakim Mahkamah Konstitusi, hakim Italia mendapatkan jabatannya melalui ujian pelayanan sipil. Lima hakim Mahkamah Konstitusi dipilih oleh presiden, lima oleh Parlemen, dan lima oleh hakim pengadilan lain. Semua pengadilan bekerja di bawah kementerian keadilan nasional dan panel hakim yang disebut Dewan Tinggi Kehakiman. Mahkamah Konstitusi, pengadilan tertinggi di Italia, dapat menyatakan suatu tindakan Parlemen ilegal.

Italia memiliki sejumlah pengadilan rendah. Banding dari pengadilan perdata dan pidana dibawa ke pengadilan banding. Kasus yang melibatkan kejahatan berat akan didengarkan di pengadilan assizes. Sebuah pengadilan yang disebut pengadilan kasasi bertugas meninjau keputusan pengadilan rendah. Pengadilan ini dapat mengembalikan suatu kasus ke pengadilan rendah untuk pemeriksaan pengadilan baru.

Komentar Anda