Bagaimana Gaya Hidup Orang-orang Italia?

Dalam banyak hal, kehidupan di Italia utara sangat berbeda dengan Italia selatan. Utara lebih kaya, lebih urban, dan lebih industrialis ketimbang selatan. Industri jasa dan manufaktur serta konstruksi mempekerjakan banyak orang di kedua daerah. Tetapi persentase orang yang bekerja di sektor pertanian di selatan jauh lebih tinggi dibandingkan di utara.

Di semua bagian wilayah Italia, kebanyakan orang tinggal di kota besar maupun kota kecil. Orang Italia sangat lekat dengan kota-kota, lingkungan, dan keluarga mereka. Banyak orang meninggalkan rumah mereka untuk mencari penghidupan yang lebih baik dan berharap suatu saat bisa kembali ke masyarakat lama mereka.

Kehidupan kota

Orang Kota Italia

Kebanyakan orang yang tinggal di daerah perkotaan Italia menetap di gedung-gedung apartemen beton. Hanya sedikit orang kaya yang tinggal di rumah keluarga tunggal. Bagian tertua dari sebuah kota Italia sebagian besar terdiri atas bangunan rendah yang memiliki apartemen di sekitar halaman tengah. Sedangkan bagian baru dari kota biasanya memiliki bangunan apartemen yang besar. Banyak warga membeli daripada menyewa apartemen. Lingkungan miskin biasanya terletak di pinggiran kota.

Sebagian besar anak yang belum menikah tinggal bersama orangtua mereka. Orangtua sering membantu anaknya membeli sebuah apartemen di dekat kediaman mereka sendiri. Banyak perempuan muda bekerja di luar rumah, dan kakek-nenek sering membantu mengasuh anak yang ditinggal ibunya bekerja. Banyak daerah perkotaan memiliki pusat penitipan anak.

Pertumbuhan kota dan peningkatan penggunaan mobil pribadi telah menyebabkan masalah serius berupa polusi. Di kota-kota besar, masalah polusi udara menimbulkan bahaya kesehatan dan telah merusak arsitektur yang tak ternilai harganya. Bologna dan beberapa kota lainnya telah meredam masalah ini dengan melarang penggunaan mobil pribadi di pusat kota.

Kehidupan pedesaan

Orang Desa Italia

Di masa lalu, masyarakat di pelosok pedesaan Italia terdiri atas pemukiman yang dikelilingi oleh lahan pertanian yang luas. Petani biasanya tinggal di kota dan pergi ke ladang mereka setiap hari. Pola ini sangat umum di Italia selatan. Di utara, banyak petani tinggal di tanah mereka.

Kebanyakan warga kota pedesaan tinggal di gedung-gedung apartemen. Hanya orang-orang kaya yang memiliki bangunan sendiri, yang biasanya berada di tengah masyarakat. Saat ini, semakin banyak rumah keluarga tunggal sedang dibangun di daerah pedesaan.

Populasi telah menurun di banyak daerah pedesaan Italia -khususnya di pegunungan- karena orang-orang telah meninggalkan desa untuk mencari pekerjaan di kota-kota. Namun gunung-gunung telah menjadi semakin populer di kalangan orang kaya Italia sebagai lokasi untuk rumah liburan musim panas. Hal ini telah memicu pembangunan perumahan di banyak daerah pegunungan terpencil.

Makanan dan minuman

Orang Italia sangat bangga dengan kualitas masakan mereka. Secara tradisional mereka akan menyantap makanan utama mereka di tengah hari. Makan besar biasanya terdiri atas hidangan pasta yang diikuti dengan hidangan utama yang terbuat dari daging atau ikan. Kadang-kadang hidangan antipasto (pembuka) disajikan sebelum pasta. Antipasto biasanya terdiri atas berbagai daging dan sayuran dingin, seperti prosciutto (sejenis ham yang dibumbui), salami, zaitun, dan artichoke.

Makanan Italia sangat bervariasi tergantung wilayahnya. Di utara, pasta datar berbentuk pita yang disajikan dengan saus krim adalah hidangan paling populer. Di selatan, macaroni yang disajikan dengan saus tomat adalah jenis pasta favorit. Semua jenis sup dapat menggantikan pasta sebagai hidangan pembuka. Hidangan pembuka lain yang populer adalah risotto, hidangan nasi dengan sayuran.

Daging yang paling populer adalah sapi dan babi. Keju juga penting, baik dimakan langsung atau digunakan dalam hidangan lainnya. Pizza adalah makanan ringan yang populer dan juga dinikmati sebagai makanan ringan. Sedangkan buah segar adalah makanan penutup yang digemari di Italia. Secara tradisional, anggur disajikan dalam setiap jam makan kecuali waktu sarapan.

Komentar Anda