10 Fakta Menarik Film The Shawshank Redemption (1994)

The Shawshank Redemption adalah film besar yang meraih 7 nominasi Oscar dan meraih puluhan penghargaan bergengsi lainnya. Film yang dibintangi Tim Robbins dan Morgan Freeman ini berkisah tentang kehidupan dua orang narapidana yang akhirnya dipekerjakan di dalam penjara dan membawa banyak perubahan di dalamnya. Berikut 10 fakta unik tentang film The Shawshank Redemption:

Film Shawshank1. Film The Shawshank Redemption dirilis di Taiwan pada tahun 1995 dengan judul 1995: Fantastic. Banyak penonton mengira film ini adalah film action. Adapun di Hongaria film ini berjudul A Remény Rabjai yang berarti “The Prisoners of Hope” dan di Norwegia diberi judul Frihetens Regn, yang artinya “The Rain of Freedom”.

Sementara di Denmark, film ini berganti judul menjadi En Verden Udenfor, yang artinya adalah “A World Outside,” di Israel Homot Shel Tikva, yang berarti “Walls of Hope,” dan di Meksiko, judulnya adalah Sueños de Fuga, artinya “Dreams of Escape”.

2. Karakter utama, Andy Dufresne, sebenarnya pernah ditawarkan pada Tom Hanks, namun ia menolaknya karena bentrokan jadwal. Hanks kala itu sedang melakukan syuting film Forrest Gump (1994). Selain Hanks, banyak aktor papan atas lain seperti Johnny Depp, Tom Cruise, Nicolas Cage, Kevin Costner, dan Charlie Sheen juga dipertimbangkan untuk memerankan karakter ini. Costner yang menolak tawaran ini di kemudian hari mengaku sangat menyesal.

3. American Humane Association (AHA), sebuah organisasi yang menyoroti kekerasan dan penelantaran anak dan binatang, mengawasi pembuatan film ini secara langsung, terutama saat adegan Brooks memberi makan belatung pada burung gagaknya. AHA langsung menyatakan keberatan karena menganggap hal ini merupakan kekerasan pada belatung yang masih hidup. AHA meminta kru mencari belatung yang sudah mati secara alami. Setelah ditemukan, akhirnya syuting bisa dilanjutkan kembali.

4. Dalam adegan pelarian diri melewati terowongan limbah, Tim Robbins awalnya menolak untuk membenamkan dirinya dalam air berlumpur di ujung pipa setelah seorang ahli kimia menguji air dan mengatakan bahwa air ini bisa mematikan.

5. Film ini dikembangkan dari sebuah novella karya Stephen King berjudul Rita Hayworth and Shawshank Redemption. King menjual hak cipta novella ini dengan harga sangat murah pada Frank Darabont, yang kemudian menjadi sahabatnya. Darabont kemudian mengadaptasi novella ini menjadi film pendek berjudul The Woman in the Room (1983), membuat King sangat terkesan.

6. Adegan di mana Andy memainkan musik opera melalui pengeras suara di penjara adalah ide dari sang aktor sendiri, Tim Robbins. Adapun musik opera yang ia mainkan adalah Canzonetta sull’aria karya Wolfgang Amadeus Mozart.

7. Karena jadwal syuting yang sangat ketat di Mansfield, Ohio, maka siapapun yang menghambat jalannya produksi terancam didenda. Tim Robbins dan William Sadler sering datang terlambat tapi tidak pernah sekalipun didenda. Syuting di Mansfield, Ohio, selesai lebih cepat dari jadwal.

8. Sebagian besar pengambilan gambar outdoor film ini dilakukan di Ohio State Reformatory di Mansfield, Ohio, yang sudah tidak digunakan lagi. Penjara ini berada dalam kondisi yang sangat buruk sehingga renovasi harus dilakukan sebelum syuting. Namun, sebagian besar adegan interior (indoor) diambil di panggung audio, karena kru menganggap lebih murah membangun duplikat interior daripada merenovasi interior Mansfield. Penjara itu kini berubah menjadi museum.

9. Meski banyak penduduk lokal Mansfield yang ingin menjadi pemeran tambahan (ekstra), banyak yang tidak hadir selama syuting karena mereka sedang bekerja atau hanya bisa hadir untuk satu hari saja -yang jelas tidak cukup untuk film bertema penjara. Kru kemudian mencari dan menemukan pemeran ekstra di sebuah rumah singgah, beberapa di antara mereka adalah residivis asli.

10. Keuntungan awal The Shawshank Redemption yang hanya sebesar 18 juta dolar sama sekali tidak menutupi biaya produksi yang diperkirakan mencapai 25 juta dolar. Setelah mendapat banyak nominasi Oscar, film ini meraup tambahan 10 juta dolar lagi. Namun banyak kalangan yang masih menilai bahwa film ini adalah kegagalan box office.

One thought on “10 Fakta Menarik Film The Shawshank Redemption (1994)

  • 02/05/2017 at 8:39 pm
    Permalink

    Keren nih rating dari filmnya 😮

    Reply

Komentar Anda