10 Fakta Menarik Tentang Adolf Hitler

Adolf Hitler adalah salah satu tokoh paling penting di abad ke-20. Kiprahnya sebagai diktator Jerman telah membawa negara itu terlibat dalam pembantaian jutaan Yahudi selama Perang Dunia II. Berikut 10 fakta unik Adolf Hitler yang patut kita simak:

Hitler

1. Masa kecil Hitler sangat sulit. Prestasinya di sekolah sangat buruk dan ia sering dihajar ayahnya yang otoriter. Segala sesuatunya semakin memburuk ketika kakaknya, Alois Jr., kabur dari rumah. Hitler sendiri mencoba kabur dari rumah pada usia 11 tahun, namun gagal. Baru pada usia 14 tahun ia bebas sebab ayahnya meninggal dunia. Hitler sama sekali tidak menangisi kepergian ayahnya.

2. Hitler bertanggungjawab atas kematian 11 juta orang di kamp konsentrasi selama PD II. Kebanyakan yang dibunuh adalah orang Yahudi. Selain itu, banyak juga kaum komunis, homoseks, cacat mental, Kristen, Roma, dan Sinti yang dibunuh atas perintahnya.

3. Hitler tidak suka minum minuman keras dan merokok. Ia adalah seorang vegetarian, meski dokter menyatakan bahwa Hitler menjadi vegan hanya selama 12 tahun sebelum kematiannya karena komplikasi medis.

4. Hitler sangat menyukai opera Richard Wagner berjudul Reinzi, bahkan ia mengklaim sudah menontonnya sebanyak 40 kali. Saat masih muda, ia bersahabat dengan keluarga Wagner dan pernah dua kali melamar adik ipar Wagner, Winifred, yang sudah menjanda, namun ditolak karena waktu itu Hitler dianggap tidak punya posisi yang penting.

5. Saat masih muda, Hitler adalah pelukis yang berbakat. Sayangnya, ia dua kali ditolak masuk Vienna Academy of Fine Arts. Diduga hal ini karena lukisannya dianggap kurang sempurna. Ia diberitahu bahwa bakatnya sebenarnya ada di dunia arsitektur.

6. Hitler menderita banyak penyakit, seperti hipertensi, sakit kepala, gangguan jantung, dan parkinson. Serangan gas yang ia alami pada Perang Dunia I merusak penglihatannya. Penglihatan Hitler memang terkenal sangat lemah, sampai pidatonya dicetak dalam huruf berukuran besar. Ia juga dilaporkan mengonsumsi 92 jenis obat berbeda di akhir hayatnya.

7. Saat masih menggelandang di jalanan Austria, Hitler nyaris mati di jalanan karena kedinginan. Ironisnya, ia ditolong oleh kelompok yayasan amal Yahudi.

8. Hitler dianggap sebagai politisi besar pertama yang mengerti kekuatan film. Semua penampilannya di publik dikoreografikan secara hati-hati. Hitler sendiri merupakan pecinta film. Film favoritnya adalah King Kong (1933) dan Snow White and the Seven Dwarfs (1937).

9. Beredar sebuah kisah tentang kematian Hitler, yakni ketika pasukan Soviet memasuki Berlin dan menemukan bunker Hitler, “Fuhrerbunker”. Mereka menemukan tubuh seorang pria mirip Hitler di tengah reruntuhan yang tewas karena tembakan di dahi dan keliru diidentifikasi sebagai Hitler. Tubuhnya bahkan difilmkan oleh fotografer newsreel dengan tentara Soviet yang menemukan tubuh itu.

Seorang pelayan dari Fuhrerbunker mengidentifikasi pria itu sebagai Gustav Weler, salah satu dari koki pribadi Hitler. Kemungkinan ia telah digunakan sebagai umpan karena “alasan keamanan”. Dalam buku sensasional berjudul The Bush Connection karya Eric Onion, dikisahkan bahwa Obersturmbannführer SS, Otto Skorzeny, menembak Weler untuk mengalihkan perhatian pasukan musuh. Tubuh Weler itu dibawa ke Moskow untuk identifikasi dan dimakamkan di Penjara Lefortovo.

10. Setelah dinyatakan tewas, tubuh Hitler tak pernah ditemukan. Namun ada beberapa laporan yang menyatakan pernah melihat Hitler di Denmark dan Argentina setelah kematiannya.

Komentar Anda