Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 16 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 16 Mei:

Kilas Balik Mei

Setiap tahun: Hari raya Saint Brendan (484-577), seorang biarawan misionaris Irlandia yang mungkin telah berlayar melintasi Atlantik (tapi mungkin juga tidak).

1997: Presiden Zaire yang telah lama berkuasa, Mobutu Sese Seko, meninggalkan negaranya (segera berganti nama menjadi Republik Demokratik Kongo) untuk terakhir kalinya saat pasukan pemberontak Laurent Kabila memasuki Kinshasa.

1943: Setelah menekan pemberontakan Yahudi Warsawa secara brutal, jenderal Nazi, Juergen Stroop, melaporkan bahwa “bekas pusat Yahudi Warsawa tidak lagi ada”; menurut Stroop sendiri, sekitar 56.000 penentang Yahudi telah dibunuh -sekitar 20.000 di jalanan Warsawa, sisanya lagi diragukan telah dibunuh di kamar gas.

1929: Untuk pertama kalinya Hollywood mengadakan upacara tahunan Academy Award, menganugerahkan piala Oscar untuk film dan pembuat film terbaik.

1916: Sykes-Picot Agreement dilakukan secara rahasia oleh Inggris dan Perancis; persetujuan ini merencanakan pembagian wilayah Timur Tengah pasca-Perang Dunia I, membagi wilayah Arab dalam pengaruh Inggris (Mesopotamia) dan Perancis (Suriah, Lebanon).

1868: Presiden AS, Andrew Johnson, dibebaskan dalam sidang dakwaannya. Dakwaan ini adalah hasil dari konflik politik dan pecahnya ideologi pasca Perang Saudara Amerika yang muncul dari keyakinan tanpa kompromi dan kontestasi kekuasaan di negara yang sedang memperjuangkan reunifikasi itu.

1771: Regulator of North Carolina, sekelompok petani pedalaman yang memprotes sistem pemerintah daerah yang tidak adil dan korup, dikalahkan oleh Gubernur William Tryon dalam Pertempuran Alamance Creek.

Komentar Anda