Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 15 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa peristiwa besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 15 Mei:

Kilas Balik Mei

1988: Menurut ketentuan kesepakatan yang dicapai pada bulan April, pasukan Soviet mulai menarik diri dari Afghanistan yang mereka duduki sejak tahun 1979.

1975: Sebuah pasukan kecil Marinir AS melakukan serangan amfibi kilat untuk menyelamatkan kargo Amerika, Mayag├╝ez, yang telah ditangkap oleh Khmer Merah di Kamboja.

1972: George Wallace, gubernur Alabama yang terpilih sebanyak empat kali, yang terkenal karena menentang integrasi rasial, ditembak dalam percobaan pembunuhan saat berkampanye untuk menjadi presiden; ia menderita lumpuh sebagian selama sisa hidupnya.

1948: Negara-negara Arab Transjordan (Jordania), Irak, Lebanon, dan Suriah menyerang negara Israel yang baru berdiri dalam Perang Arab-Israel pertama.

1918: Pemerintah AS mulai memberikan layanan pos reguler pertama di dunia.

1911: Mahkamah Agung AS memutuskan Standard Oil Company bersalah karena secara ilegal memonopoli perdagangan minyak dan membangkrutkan perusahaan itu.

1891: Paus Leo XIII mengeluarkan ensiklik terkenalnya, Rerum Novarum, yang berbicara tentang kondisi pekerja di dunia modern; dokumen ini menguraikan tugas pengusaha dan pekerja, menjunjung tinggi prinsip-prinsip perundingan bersama, upah yang adil, dan hak milik pribadi.

1860: Dalam Pertempuran Calatafimi di Sisilia, Giuseppe Garibaldi dan pasukan gerilyanya, Redshirt, mengalahkan tentara raja Naples; pemberontakan ini membuatnya menguasai Palermo pada akhir bulan.

Komentar Anda