Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 14 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa peristiwa besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 14 Mei:

Kilas Balik Mei

1973: Skylab, laboratorium orbit berawak pertama AS, diluncurkan; selama sembilan bulan ke depan Skylab menjadi tempat tinggal dan kerja bagi tiga awak astronot berturut-turut.

1955: The Warsaw Treaty Organization (Pakta Warsawa), aliansi militer antara Uni Soviet dan Eropa Timur, didirikan sebagai mitra untuk Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

1948: Negara Israel didirikan sebagai negara Yahudi di tanah yang telah menjadi bagian dari mandat Inggris untuk Palestina.

1804: Ekspedisi Lewis dan Clark meninggalkan St Louis menuju Sungai Missouri dalam proyek besar yang bertujuan untuk menyelidiki wilayah yang luas antara Sungai Mississippi dan Samudra Pasifik.

1796: Dokter Inggris, Edward Jenner, menginokulasi seorang anak berusia 8 tahun dengan bahan yang diambil dari pustula cacar sapi, yang kemudian membuat anak itu mendapat penyakit ringan; beberapa minggu kemudian Jenner kembali menginokulasi anak itu dengan cacar, di mana penyakit itu akhirnya tidak bisa berkembang karena kekebalan anak itu telah terbentuk. Keberhasilan ini menjadi prinsip awal vaksinasi.

1607: Sekitar 100 orang, yang tidak menyangka akan adanya masalah besar di masa mendatang, mendirikan Jamestown, pemukiman permanen awal Inggris di Amerika Utara, di Sungai James di Virginia.

1264: Dengan koalisi para baron dan perwakilan dari kota-kota, Simon de Montfort, Earl of Leicester, meraih kemenangan telak atas pasukan Raja Henry III dari Inggris dalam Pertempuran Lewes dan menjadi penguasa sementara Inggris; Pertempuran yang disebut Perang Baron dilanjutkan pada tahun berikutnya, ketika putra Henry, yang kelak menjadi Edward I, mengalahkan dan membunuh Montfort di Evesham.

Komentar Anda