Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 13 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa peristiwa besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 13 Mei:

Kilas Balik Mei

1994: Israel menyerahkan kendali Jericho dan Jalur Gaza pada Organisasi Pembebasan Palestina di bawah perjanjian Oslo 1993.

1981: Mehmet Ali Agca menembak dan melukai Paus Yohanes Paulus II dan dua pejalan kaki saat Paus menyalami para peziarah di Lapangan Santo Petrus di Roma.

1956: Novelis Soviet Aleksandr Fadeyev, yang saat menjabat sebagai sekjen Penulis Uni Soviet (1946-1954) memfasilitasi penangkapan dan eksekusi puluhan rekan-rekannya, melakukan bunuh diri setelah pembongkaran kejahatan negara yang dilakukan di bawah pemerintahan Stalin.

1940: Sir Winston Churchill menyampaikan pidato pertamanya di House of Commons sebagai perdana menteri di hari yang sama saat Belanda menyerah kepada Jerman di kota Rotterdam; “Saya tak punya apa-apa untuk diberikan, kecuali darah, kerja keras, air mata, dan keringat,” katanya.

1846: Kongres AS menyatakan perang melawan Meksiko, secara resmi meletuskan Perang Meksiko.

1862: Seorang budak bernama Robert Smalls mengambil alih kapal perang Konfederasi Planter dan menyerahkannya kepada pasukan Union selama Perang Saudara.

1779: Perang Suksesi Bavaria, yang terjadi karena klaim Austria atas Lower Bavaria, diakhiri oleh Kongres Teschen; Austria hanya menerima distrik Inn.

Komentar Anda