Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 12 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa peristiwa besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 12 Mei:

Kilas Balik Mei

2003: Paul Bremer, administrator sipil AS di Irak yang baru, tiba di Baghdad.

1943: Lima hari setelah jatuhnya Tunis dan Bizerte kepada Sekutu di Afrika Utara, lebih dari seperempat juta tentara Jerman dan Italia menyerah, mengakhiri pertempuran Afrika Utara selama Perang Dunia II.

1926: Penerbang Italia Umberto Nobile, didampingi Roald Amundsen dan Lincoln Ellsworth, terbang di atas Kutub Utara dengan pesawat Norge -hanya tiga hari setelah Richard Byrd dan Floyd Bennett mengklaim telah membuat penerbangan pesawat transpolar pertama.

1797: Pemberontakan Nore terjadi di atas kapal armada Angkatan Laut North Sea Fleet milik Kerajaan Inggris; pemberontakan berlangsung sekitar satu bulan sebelum akhirnya ditumpas, lebih dari 30 pemberontak digantung.

1780: Benjamin Lincoln, komandan tentara revolusioner Amerika di Selatan, akhirnya menyerahkan Charleston, SC, dan lebih dari 5.000 tentaranya ke Inggris setelah pengepungan selama 42 hari.

1641: Thomas Wentworth, Earl of Strafford, penasehat Raja Inggris Charles I, dipenggal; eksekusinya mewakili kemenangan awal untuk Parlemen dalam perjuangan bersama raja.

912: Kaisar Bizantium, Leo VI, meninggal dunia, setelah mereformasi pemerintahan kekaisaran dan menerbitkan penyusunan kembali hukum Basilika yang diprakarsai oleh ayahnya, Basil I.

Komentar Anda