Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 9 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa peristiwa besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 9 Mei:

Kilas Balik Mei

Setiap tahun: Europe Day dirayakan oleh negara-negara Uni Eropa; diadakan sejak tahun 1985, peringatan ini menandai hari di mana negarawan Perancis, Robert Schuman, secara resmi mengusulkan agar industri batu bara dan baja Perancis, Jerman, Italia, Belgia, Luksemburg, dan Belanda dihubungkan sebagai “fondasi konkrit pertama federasi Eropa” pada tahun 1950.

1978: Tubuh Aldo Moro, mantan perdana menteri Italia yang diculik dan dibunuh oleh teroris Brigade Merah, ditemukan di dalam mobil di pusat kota Roma.

1926: Richard Byrd dan Floyd Bennett mengklaim dirinya sebagai orang pertama yang terbang di atas Kutub Utara; Klaim ini dipertanyakan pada tahun 1996.

1754: Surat kabar Pennsylvania Gazette milik Benjamin Franklin mempublikasikan apa yang umumnya dianggap sebagai kartun politik Amerika pertama; kartun itu menampilkan tubuh ular yang terpotong-potong yang mewakili koloni dengan slogan ” Join, or Die ” (versi lain berbunyi “Unite or Die.”)

1688: Frederick William meninggal dunia dan digantikan oleh putranya, Frederick I, yang pada 1701 memproklamirkan dirinya sebagai raja Prusia.

1502: Christopher Columbus meninggalkan Spanyol pada pelayaran keempat sekaligus terakhirnya ke New World.

1280: Magnus VI, Raja Norwegia, meninggal dunia; ia disebut sebagai pembaharu hukum karena ia memperkenalkan kode kesatuan hukum untuk seluruh kerajaan, dan itu bertahan selama lebih dari 400 tahun.

Komentar Anda