Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 11 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa peristiwa besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 11 Mei:

Kilas Balik Mei

1997: Superkomputer IBM, Deep Blue, mengalahkan juara dunia catur, Garry Kasparov, dengan skor 3½–2½ dalam pertandingan catur enam game. Sebelumnya, pada Februari 1996 dalam pertandingan di Philadelphia, Kasparov menang dengan skor 4-2.

1981: Bob Marley, musisi besar yang membawa musik reggae Jamaika dikenal luas di seluruh dunia, meninggal dunia pada usia 36 tahun.

1949: Israel menjadi anggota ke-59 PBB.

1894: Perwakilan American Railway Union memprotes pemotongan upah oleh Pullman Palace Car Company dari Illinois, sebuah tindakan yang membuat mereka dipecat dan memicu terjadinya demonstrasi dan boikot besar, Pullman Strike.

1864: Perwira kavaleri Konfederasi, J.E.B Stuart, salah satu bawahan Robert E. Lee yang paling brilian, terluka parah di Yellow Tavern, Virginia; ia meninggal pada hari berikutnya.

1860: Giuseppe Garibaldi dan pasukan gerilya baju merahnya yang terdiri atas 1.000 orang, mendarat di Marsala, Sisilia, memulai penaklukan Sisilia dan Napoli untuk Raja Victor Emmanuel II dari Sardinia-Piedmont.

1812: Spencer Perceval ditembak mati di lobi House of Commons, satu-satunya perdana menteri Inggris dalam sejarah yang tewas dibunuh.

330: Dibangun di atas situs Byzantium, kota Konstantinopel (sekarang Istanbul) didedikasikan sebagai ibukota Romawi oleh Kaisar Romawi Konstantin I.

Komentar Anda