Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 10 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa peristiwa besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 10 Mei:

Kilas Balik Mei

1994: Nelson Mandela, yang telah menghabiskan bertahun-tahun sebagai tahanan di Pulau Robben di bawah pemerintahan apartheid, menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan.

1941: Pemimpin Nazi, Rudolf Hess, terbang sendirian ke Skotlandia dalam sebuah misi untuk menegosiasikan perdamaian dengan Inggris; ia dipenjarakan selama sisa Perang Dunia II.

1940: Neville Chamberlain mengundurkan diri dan Winston Churchill menggantikannya sebagai perdana menteri Inggris saat Jerman menginvasi Low Countries.

1933: Rezim Nazi secara publik mengkoordinasikan pembakaran buku-buku yang ditulis oleh orang-orang Yahudi dan para pembangkang politik di kota-kota di seluruh Jerman; berbicara dalam sebuah acara di Berlin, Joseph Goebbels menyatakan, “Era intelektualisme Yahudi ekstrim telah berakhir, dan revolusi Jerman telah membuka jalan bagi esensi Jerman yang sebenarnya.”

1869: Jalur kereta api transcontinental di Amerika Utara menjadi nyata ketika rel dari Pasifik Union bertemu dengan rel dari Pasifik Tengah di Promontory, Utah.

1865: Jefferson Davis, presiden Konfederasi, kalah dan ditangkap oleh pasukan kavaleri federal di Georgia selatan.

1857: Pemberontakan tentara India (sipahi) dalam Angkatan Darat India milik Inggris terjadi dan memulai pemberontakan India, yang sering disebut sebagai perang kemerdekaan pertama India.

1775: Ethan Allen, patriot dan penjaga perbatasan, memimpin pasukan Green Mountain Boys untuk merebut benteng Ticonderoga dari Inggris pada awal Revolusi Amerika.

Komentar Anda