Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 8 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa peristiwa besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 8 Mei:

Kilas Balik Mei

1996: Afrika Selatan mengadopsi konstitusi permanen yang baru, yang memiliki RUU hak yang luas dan menciptakan pemerintahan pusat yang kuat dan dipimpin oleh seorang presiden negara yang dipilih oleh partai yang mendapat suara lebih dari 50 % dalam pemilu nasional.

1945: Presiden AS Harry S. Truman dan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill menyatakan akhir Perang Dunia II di Eropa, V-E Day.

1902: Gunung berapi Pelée meletus, membunuh semua orang kecuali dua penduduk di pulau Martinique, Karibia. Batu dan abu panas menghujani sekitar 30.000 penduduk beserta rumah dan perkebunan mereka. Air di pelabuhan mendidih, kapal terbakar dan tenggelam. Dari semua penduduk Martinique, hanya dua orang bernama Ciparis dan Compère-Léandre yang selamat dari ledakan gunung berapi terbesar di abad ke-20 ini.

1846: Pertempuran Palo Alto dilancarkan di dekat Brownsville, Texas; itu adalah bentrokan pertama dalam Perang Meksiko.

1819: Kamehameha I, dikenal sebagai Kamehameha Agung, yang menaklukkan sebagian besar pulau-pulau Hawaii dan pada tahun 1810 menjadi penguasa Hawaii bersatu, meninggal dunia.

1794: Antoine Laurent Lavoisier, yang dianggap sebagai pendiri kimia modern karena karyanya yang revolusioner, Elements of Chemistry (1789), dieksekusi selama Revolusi Perancis.

Komentar Anda