Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 7 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa peristiwa besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 7 Mei:

Kilas Balik Mei

2000: Vladimir Putin, yang sudah menjabat sebagai presiden Rusia sejak pengunduran diri Boris Yeltsin pada 31 Desember 1999, diangkat menjadi presiden setelah terpilih pada tanggal 26 Maret.

1999: Selama Perang Kosovo (bagian dari rangkaian Perang Yugoslavia pada 1990-an), pesawat NATO sengaja mengebom kedutaan China di Belgrade, membunuh dan melukai sejumlah personil kedutaan dan memicu insiden internasional antara Amerika Serikat dengan China.

1954: Pertempuran Dien Bien Phu, yang telah dimulai pada tanggal 7 Maret, berakhir dengan kekalahan Perancis; ini adalah klimaks dalam perjuangan Perancis selama delapan tahun untuk mempertahankan kerajaan kolonialnya di Indochina.

1945: Perwakilan dari angkatan bersenjata Jerman menyerah kepada Sekutu di markas Jenderal Dwight D. Eisenhower di Reims; penyerahan tanpa syarat formal terjadi keesokan harinya di Berlin, membuat pasukan Third Reich Hitler dan Perang Dunia II di Eropa berakhir.

1915: Lusitania, kapal penumpang Inggris, ditenggelamkan oleh kapal selam Jerman di Samudera Atlantik; insiden itu menimbulkan kecaman di Amerika Serikat, menyebabkan penurunan hubungan AS-Jerman dan membuat Amerika Serikat memasuki Perang Dunia I.

1847: American Medical Association, sekarang menjadi organisasi medis terbesar di dunia, didirikan.

Komentar Anda