Tahukah Anda 25 Fakta Unik Tentang Mobil Ini?

Orang Amerika telah mengendarai dan mengemudikan mobil selama lebih dari 100 tahun. Sejak penemuannya, ada banyak cerita menarik seputar mobil yang bisa kita simak bersama-sama. Berikut ulasannya.

mobil ford t model

1. Tahukah Anda, surat tilang pertama dikeluarkan pada tahun 1902, ketika kecepatan tertinggi mobil adalah sekitar 72 km/jam.

2. Beberapa mobil pertama yang pernah dibuat menggunakan sepasang tuas untuk menyetir. Roda kemudi baru ditemukan beberapa tahun kemudian.

3. Sebelum ada mobil Ford Model T, mobil Amerika pertama yang populer adalah Curved Dash Oldsmobile, yang dijual seharga 650 dolar.

4. Mobil pertama yang pernah diproduksi dan dijual di Amerika adalah Duryea. Hanya satu model yang diketahui masih ada sampai kini.

5. Sebelum tahun 1920-an, mobil tidak memiliki alat pengukur gas. Pengemudi harus memperkirakan berapa banyak bahan bakar yang tersisa atau akan kehabisan di jalan.

6. Cleveland adalah kota pertama di Amerika Serikat yang memasang lampu lalu lintas pada tahun 1914.

7. Pada tahun 1972, kecepatan rata-rata mobil di jalan raya Los Angeles adalah 96 km/jam. Sepuluh tahun kemudian, lalu lintas yang semakin meningkat menurunkan angka kecepatan rata-rata mobil menjadi 27km/jam.

8. Orang Amerika rata-rata menghabiskan waktu dua minggu selama hidupnya untuk berhenti di lampu merah.

9. Untuk menelusuri semua jalanan beraspal di Amerika Serikat, Anda harus berkendara nonstop pada kecepatan 160km/jam selama lebih dari empat tahun.

10. Polis asuransi mobil pertama dikeluarkan di Westfield, Massachusetts, pada tahun 1897.

11. Sebelum menjadi salah satu mobil terlaris sepanjang masa, Volkswagen Beetle hanya laku sekitar 300 unit selama tahun pertama di Amerika Serikat.

12. Daerah dengan kepemilikian Rolls Royce per orang terbanyak di dunia adalah Hong Kong.

13. Mobil terkecil di dunia adalah Peel P50, dibuat pada tahun 1963. Mobil ini memiliki satu kursi, kecepatannya tidak lebih dari 56 km/jam dan beratnya hanya 58 kg.

14. Mobil pertama yang membuat rekor dalam hal kecepatan adalah mobil yang menggunakan motor listrik. Kini, mobil tercepat di dunia menggunakan turbojet atau roket dengan kecepatan hingga 20 kali lipat.

15. Meskipun kebanyakan mobil dianggap mencemarkan lingkungan, mobil sebenarnya adalah produk yang paling mudah didaur ulang di dunia.

16. Perlombaan Grand Prix pertama terjadi pada tahun 1901. Kecepatan rata-rata setiap mobil balap kurang dari 80 km/jam.

17. Satu dari setiap tujuh mobil yang laku di Amerika Serikat terjual di Southern California.

18. Sebuah mobil rata-rata memiliki lebih dari 900 meter kabel listrik.

19. Kebanyakan klakson mobil memiliki pitch yang sempurna, yakni bermain di nada F.

20. Pembuat ponsel Motorola mulai memproduksi phonograph untuk mobil. Nama perusahaan ini sebenarnya berasal dari kombinasi kata “motor” dan “Victrola.” Victrola kepanjangan dari Victor Talking Machine Company, perusahaan pembuat phonograph terkemuka.

21. Sebagaimana mobil-mobil awal yang menggunakan tuas kemudi, beberapa desain mobil masa depan juga menyingkirkan roda kemudi dan menggantinya dengan joystick.

22. Pada tahun 1939, San Antonio Light menulis artikel tentang mobil masa depan yang dapat dilipat menjadi paket seukuran koper yang rapi.

23. Pada tahun 1950, kebanyakan orang Amerika percaya bahwa pada tahun 2000 orang akan mengendarai mobil terbang yang memiliki kecepatan 160 km/jam.

24. Pada tahun 1959, Chicago Tribune menerbitkan sebuah artikel tentang kedatangan drive-in supermarket di mana para ibu rumah tangga akan menggunakan mobil mereka untuk berbelanja alih-alih menggunakan kereta belanja.

25. Pada tahun 1960, rumor beredar bahwa pemerintah AS sedang mengerjakan sesuatu yang disebut Magic Beam Highway: sebuah jalan listrik yang menyalakan dan mengendalikan mobil melalui sistem komputer canggih.

Komentar Anda