Mengupas Nintendo DS Secara Singkat

Nintendo DS adalah game konsol genggam dual-screen yang diciptakan oleh Nintendo Company dari Kyoto, Jepang. Fitur utama konsol ini adalah adanya dua layar LCD, salah satunya merupakan layar sentuh yang memungkinkan input melalui stylus yang sudah disertakan. Selain itu, game konsol ini mendukung komunikasi nirkabel bluetooth lokal antara konsol dengan multiplayer di seluruh dunia melalui koneksi Wi-Fi Nintendo.

SONY DSC

Nintendo DS original diluncurkan di Amerika Utara pada tanggal 21 November 2004, diikuti pada tanggal 2 Desember 2004 di Jepang, dan 11 Maret 2005 di Eropa. Nintendo DS juga mendukung pengenalan suara melalui mikrofon dan kompatibilitas melalui slot Game Boy Advance (GBA). Namun, Nintendo DS tidak bisa digunakan untuk memainkan Game Boy atau Game Boy Color asli.

Pada tahun 2006, Nintendo merilis DS Lite, yakni versi terbaru Nintendo DS yang didesain ulang lebih ringan dan memiliki tampilan layar lebih cerah. Versi ketiga dari perangkat keras ini, yang disebut DSi, menghilangkan slot cartridge GBA tetapi menambahkan sepasang kamera dan kemampuan untuk mendownload game dan aplikasi. Konsol ini diluncurkan pada bulan Oktober 2008.

Pada tanggal 11 Maret 2009, Nintendo mengumumkan bahwa mereka telah mencatatkan penjualan gabungan Nintendo DS, DS Lite, dan DSi sebanyak 100 juta unit di seluruh dunia. Adapun software populer Nintendi DS meliputi Animal Crossing: Mario Kart DS; New Super Mario Bros; Wild World; Brain Age: Train Your Brain in Minutes a Day; Brain Age 2: More Training in Minutes a Day; Pokemon Diamond/Pearl; dan Nintendogs.

Komentar Anda