Asal Muasal dan Karakteristik Anjing Pit Bull

Istilah “pit bull” terkadang cukup membingungkan bagi sebagian orang karena tidak mengacu pada satu peranakan anjing tertentu. Meskipun sebagian besar mengacu pada American pit bull terrier dan American Staffordshire terrier, istilah ini sesekali juga digunakan untuk anjing ras lainnya. Secara umum, pit bull memiliki beberapa karakteristik umum, yakni bulunya pendek, tengkoraknya lebar, serta tubuhnya kokoh dan berotot.

Anjing Pit Bull

Sesuai namanya, anjing American pit bull terrier berasal dari Amerika Serikat. Meskipun dikembangbiakkan di Amerika, nenek moyang anjing ini berasal dari Kepulauan Inggris, yakni ras anjing kuat dari Irlandia dan Inggris. American pit bull terrier adalah persilangan fighting terrier dan fighting bulldog.

Anjing American Staffordshire terrier juga merupakan anjing Amerika yang memiliki nenek moyang dari Inggris. Gigi taring ukuran menengahnya adalah hasil persilangan bulldog Inggris dengan berbagai jenis terrier, termasuk terrier Inggris. American Staffordshire terrier dulunya hanya dikenal sebagai Staffordshire terrier, tapi istilah “American” ditambahkan untuk membedakannya dengan anjing peranakan lain, yakni Staffordshire bull terrier.

Bulldog Amerika terkadang disebut pit bull, meskipun tidak sesering American pit bull terrier dan American Staffordshire terrier. Tubuhnya yang sporty mirip dengan pit bull lainnya, dengan kepala lebar dan gerakan lincah. Bulldog Amerika berasal dari Amerika, namun nenek moyang mereka adalah bulldog pekerja dari Inggris yang biasa melindungi peternakan pemukim Inggris yang pindah ke wilayah selatan AS. Setelah Perang Dunia II hampir berakhir, bulldog ini hampir lenyap. Namun, seorang peternak bernama John M. Johnson bekerja untuk mengembangbiakkannya kembali, sehingga muncullah peranakan bulldog Amerika.

Bull terrier adalah anjing yang serupa dengan bulldog Amerika. Namun, anjing ini dibiakkan di Inggris. Bersama dengan Staffordshire bull terrier, anjing ini dulu dikenal sebagai “Bull and Terriers.” Terrier putih Inggris dan bulldog pekerja adalah nenek moyang bull terrier. Peranakan awal, yakni terrier putih Inggris, sudah tidak ada lagi.

Meskipun Staffordshire bull terrier dinamai hampir sama dengan American Staffordshire terrier, keduanya adalah peranakan yang sangat berbeda. “Pit bull” awal berasal dari Inggris, khususnya Staffordshire. Keturunannya adalah campuran dari bulldog dengan terrier Inggris kecil yang menyerupai terrier Manchester.

Komentar Anda