Fakta-Fakta Unik Mengenai Adidas

Adidas didirikan oleh orang asli Jerman bernama Adolf “Adi” Dassler, yang membuat sepatu pertamanya pada tahun 1920. Pada tahun 1925, ia merancang prototipe sepatu pul (cleat) pertamanya untuk sepak bola, lari, dan olahraga lapangan lainnya. Sejak saat itu, perusahaan Adidas menjadi terkenal di seluruh dunia sebagai produsen pakaian olahraga, yang sekarang meliputi sepatu, kostum, tas olahraga, jam tangan, dan lain sebagainya. Logo perusahaan ini, yakni tiga garis, muncul di semua produknya.

Adidas

Atlet kontingen Belanda mengenakan sepatu yang dibuat oleh Adi Dassler selama Olimpiade 1928 di Amsterdam, Belanda. Ini adalah kali pertama atlet Olimpiade mengenakan sepatu buatan Adi Dassler untuk berlomba. Pada tahun 1932, pelari Jerman, Arthur Jonath, menjadi atlet Olimpiade pertama yang memenangkan medali dengan mengenakan sepatu Dassler.

Pebisnis Robert Louis-Dreyfus diangkat menjadi presiden perusahaan pada tahun 1993 dan melaksanakan kampanye pemasaran baru untuk mendorong penjualan yang lesu. Ia adalah sepupu dari aktris Julia Louis-Dreyfus yang terkenal berkat perannya dalam sitkom TV Seinfeld. Robert meninggal tanggal 4 Juli 2009, pada usia 63 tahun.

Dengan izin Komisi Eropa, Adidas mengakuisisi perusahaan pembuat pakaian olahraga saingan mereka, Reebok, dengan bandrol 3,8 milyar dolar di awal tahun 2006. Gabungan dua entitas ini mewakili pendapatan hampir 12 milyar dolar pada saat itu.

Grup hip hop, Run DMC, membuat lagu My Adidas untuk album Raising Hell yang dirilis pada tahun 1986. Lagu ini memiliki lirik yang unik, seperti “Now the Adidas I possess for one man is rare, myself, homeboy, got 50 pair.” Selebriti yang pernah menjadi bintang iklan produk Adidas antara lain petenis Arthur Ashe dan Anna Kournikova, bintang sepak bola David Beckham, serta bintang bola basket Kobe Bryant.

Komentar Anda