Mengenal Seluk-Beluk Tarian Meksiko

Meksiko adalah sebuah negara besar yang kaya akan tradisi dan budaya. Negara ini terdiri atas 31 negara bagian yang masing-masing memiliki adat istiadat dan cerita rakyatt ersendiri yang berpadu dengan sejarah yang kuat sehingga melahirkan ekspresi seni yang unik.

Tarian Meksiko

Tari, khususnya, memainkan peran penting dalam kebudayaan dan sejarah Meksiko. Beberapa sekolah umum Meksiko memasukkan tarian etnis sebagai bagian dari kurikulumnya dan kelompok-kelompok lokal melakukan tarian regional yang spesifik dengan kostum yang rumit.

Sejarah tari di Meksiko bisa dilacak hingga peradaban suku Aztec dan Maya yang melakukan berbagai ritual adat dengan tarian. Kemudian, pada awal abad kelima belas, bangsa Eropa membawa gaya tarian mereka dan memperkenalkan format tarian seperti waltz dan polka kepada masyarakat setempat.

Tarian Jarabe Tapatia, juga dikenal sebagai Tari Topi Meksiko, dianggap sebagai tarian nasional Meksiko. Kehormatan ini diberikan pada tarian ini setelah balerina kenamaan Rusia, Anna Pavlova, jatuh cinta dengan koreografi tarian ini dan menambahkannya kedalam repertoarnya. Gerakan tarian ini mencerminkan kisah cinta seorang pria yang mencoba merebut hati wanita yang dicintainya.

Sedangkan tarian La Bamba berasal dari kota timur Veracruz. Lagu tradisional dimainkan dengan kecapi dan penari berpakaian serba putih. Kaum wanita mendekorasi kostum mereka dengan perhiasan, terkadang bersama celemek hitam, dan membawa kipas. Mereka menyematkan bunga di telinga kiri jika mereka sudah menikah, dan di telinga kanan jika belum menikah. Kaum pria mengenakan kemeja guayabera tradisional berwarna putih dengan aksen sabuk dan syal merah. Pasangan ini sering menambahkan gerakan tarian khusus, yakni mengikat sabuk pria menjadi sebuah busur dengan kaki mereka.

Tarian di daerah Nuevo Leon menampilkan koreografi yang banyak mendapat pengaruh dari luar. Penduduk setempat mengadopsi gaya polka dan waltz Eropa, tetapi mereka juga menambahkan semangat revolusioner dalam kedekatan historisnya dengan Amerika Serikat. Hasilnya adalah tarian campuran yang berapi-api dengan teriakan dan hentakan agresif serta kostum berwarna cerah.

Tarian yang dilakukan di pantai wisata berpasir yang populer di negara bagian Guerrero memiliki kesan tersendiri. Tarian iguana yang memiliki gerakan kuat dan halus smengacu pada salah satu reptil terkenal di kawasan itu. Orang-orang Yaqui dari Sonora juga menghormati hewan lokal dan makanan penting mereka, rusa. Penari bergerak dan melompat seperti rusa dalam tarian yang diyakini membawa keberuntungan dalam berburu.

Komentar Anda