Lima Sistem Pencernaan Hewan yang Unik

SlothSemua makhluk hidup memiliki sistem pencernaan, tak terkecuali hewan. Beberapa hewan memiliki sistem pencernaan yang sama dengan manusia, beberapa sangat berbeda. Berikut lima hal mengenai sistem pencernaan binatang:

1. Sloth (lihat gambar) adalah salah satu hewan paling lambat di dunia. Hewan ini ternyata juga memiliki sistem pencernaan yang sangat lambat. Sloth memerlukan waktu satu bulan untuk mencerna makanan.

2. Perut sapi terbagi menjadi empat bagian. Bagian pertama bertugas melembutkan makanan, bagian kedua mengirimkan makanan kembali ke mulut di mana sapi akan memamahnya kembali, bagian ketiga menghilangkan kelembaban dari makanan dan bagian terakhir mencampur makanan dengan cairan pencernaan.

3. Anjing peliharaan mempunyai sistem pencernaan yang cukup mirip dengan manusia. Namun, saluran usus anjing lebih pendek daripada manusia dikarenakan jumlah protein yang dikonsumsinya.

4. Perut paus memiliki tiga bagian. Bagian pertama berfungsi menghancurkan makanan. Bagian kedua mencampur makanan dengan cairan pencernaan dan campuran itu akan dicampur kembali dengan cairan pencernaan di perut bagian ketiga.

5. Tembolok burung berfungsi sebagai tempat penyimpanan kelebihan makanan yang tidak bisa dihabiskan burung dalam sekali makan. Perut burung yang memiliki dua bilik akan mencampur makanan dengan asam pencernaan dan menghancurkan makanan secara menyeluruh.

Komentar Anda