10 Fakta Menarik Tentang Kacamata

Kacamata adalah alat bantu pengelihatan yang juga bisa menjadi pelindung mata atau meningkatkan penampilan, tergantung preferensi pemakainya. Kacamata merupakan instrumen inovatif yang hanya mengalami sedikit perubahan sejak penemuan dan adaptasinya di akhir tahun 1700-an. Berikut 10 fakta unik mengenai kacamata:

Kacamata

1. Berlawanan dengan kepercayaan umum, penciptaan kacamata sebenarnya sudah dimulai jauh sebelum adaptasi kacamata oleh Benjamin Franklin pada tahun 1700-an. Versi awal kacamata dibuat di Italia pada awal tahun 1000 M dengan lensa kuarsa, frame dari kulit atau logam, atau monocle (kacamata untuk satu mata). Namun, kacamata ini murni digunakan untuk pembesaran.

2. Menurut Earth 911, sekitar 25 persen dari populasi dunia membutuhkan kacamata dalam beberapa bentuk.

3. Earth 911 juga menyatakan bahwa lebih dari 1 miliar orang di dunia membutuhkan kacamata, tetapi tidak mampu membeli atau tidak bisa menemukannya.

4. Lebih dari 50 persen dari penghuni lembaga-lembaga untuk orang buta di Afrika akan dapat membaca tulisan besar dengan kacamata yang tepat.

5. Earth 911 menyatakan bahwa harga rata-rata sebuah kacamata di Afrika sama dengan gaji normal lebih dari tiga bulan rata-rata pekerja Afrika.

6. Kacamata modern biasanya terbuat dari plastik, bukan kaca, untuk mencegah retak dan kerusakan mata dalam peristiwa kecelakaan. Plastik yang digunakan resisten terhadap retak atau pecah. Plastik juga lebih ringan dari kaca.

7. Menurut Earth 911, lebih dari 4 juta pasang kacamata baca standar dibuang setiap tahun di Amerika Utara.

8. Kacamata mengilhami penciptaan lensa kontak kontemporer pada tahun 1949, yang sebelumnya menjadi eksperimen berbahaya yang dilakukan oleh para ilmuwan di Jerman, Italia, dan Perancis. Akhirnya, alat bantu penglihatan terus berkembang menjadi tekologi perbaikan mata, yakni dengan operasi laser mata, yang dikembangkan dan biasa digunakan pada tahun 1991.

9. Kacamata telah melalui banyak tahapan evolusi yang berbeda mulai dari penciptaan kacamata, trifokal, bifokal, dan lensa multifokal lainnya, yang semuanya masih digunakan sampai sekarang.

10. Sebagian besar plastik yang digunakan untuk kacamata saat ini dilapisi dengan bahan kimia tertentu yang membuatnya tahan terhadap goresan, kerusakan karena air, dan silau.

Komentar Anda