10 Fakta Menarik Tentang Hong Kong

Hong KongHong Kong adalah lambang pertemuan budaya timur-barat. Orang-orang Hong Kong mempertahankan dan merayakan tradisi China kuno, namun juga menikmati seni, makanan, belanja, kehidupan malam khas masyarakat modern dan mereka mempersiapkan masa depannya melalui pendidikan, konservasi, dan penelitian teknologi berkelanjutan yang baik. Berikut 10 fakta unik mengenai Hong Kong:

1. Metropolis Hong Kong yang ramai ini dulunya adalah sebuah desa nelayan kecil di tahun 1800-an. Menurut China Highlights, pada waktu itulah Hong Kong menjalankan peran pentingnya sebagai pelabuhan pengiriman ketika Inggris mulai mengirimkan opium ke China.

2. Titik tertinggi di Hong Kong adalah Victoria Peak, yang memiliki ketinggian lebih dari 548 meter. Victoria Tram, yang dibangun pada tahun 1888, mengangkut pengunjung ke puncak. Di puncak Victoria Peak ada Victoria Peak Tower, struktur berbentuk seperti perahu yang memiliki beberapa teras yang digunakan para pelancong untuk mengamati kota.

3. Menurut China Highlights, Hong Kong telah mengembangkan reputasi sebagai “surga makanan.” Terletak di persimpangan budaya barat dan timur, penduduk Hong Kong menikmati perpaduan masakan Kanton dan Barat. Restoran Thai, India, Korea, Vietnam, dan Jepang melimpah di Hong Kong.

4. Nama Hong Kong berasal dari bahasa Kanton yang berarti “pelabuhan wangi.” Nama resmi kota ini adalah Hong Kong Special Administrative Region (HKSAR).

5. Hong Kong memiliki beberapa perusahaan pertunjukan besar seperti Hong Kong Repertory Theatre, Hong Kong Chinese Orchestra, Hong Kong Dance Company, dan Hong Kong Philharmonic Orchestra. Kota ini juga menjadi rumah bagi banyak museum, pusat seni, dan arena pertunjukan.

6. Hong Kong menjadi tempat toilet-toilet paling mahal di dunia. Lam Sai-wing, pimpinan Hang Fung Gold Jewelers, pernah membuat WC emas seharga 60 juta dolar yang dibangun pada tahun 2001.

7. Meskipun Hong Kong memiliki luas lebih dari 1774 kilometer persegi, kira-kira tiga perempatnya adalah pedesaan yang belum dikembangkan. Menurut GovHK, Hong Kong memiliki total 24 taman alam dan empat taman laut yang tetap dipelihara untuk melindungi bunga, tanaman, mamalia darat, serangga, hewan air, amfibi, reptil, dan burung.

8. Robot Kitchen adalah restoran Hong Kong yang terkenal karena menjadi restoran pertama di dunia yang menggunakan pelayan robot. Menurut Newsvine, robot diprogram untuk mengenali pola suara, memungkinkan mereka untuk mengambil dan mengantarkan pesanan makan

9. GovHK menyatakan, “Kebebasan beragama adalah salah satu hak dasar yang dinikmati oleh semua warga Hong Kong.” Hong Kong adalah rumah bagi orang-orang dari latar belakang agama yang beragam seperti Kristen, Islam, Yahudi, Buddha, Taoisme, Konfusianisme, Sikhisme, dan Hindu.

10. Hong Kong mempunyai kepemilikan mobil mewah Rolls Royce dan Mercedes-Benz per kapita yang lebih tinggi dibandingkan kota-kota metropolitan lain di dunia.

Komentar Anda