Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 5 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa peristiwa besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 5 Mei:

Kilas Balik Mei

1961: Alan B. Shepard, Jr, menjadi orang Amerika pertama yang terbang ke ruang angkasa ketika ia melakukan perjalanan suborbital dengan pesawat ruang angkasa Freedom 7 selama 15 menit dalam tes pesawat ruang angkasa berawak pertama dari program Mercury.

1891: Ruang utama Carnegie Hall, gedung pertama di New York City yang cocok untuk orkestra simfoni modern, dibuka dengan konser yang dipimpin komposer Tchaikovsky.

1864: Operasi militer Atlanta dalam Perang Saudara AS dimulai ketika Jenderal William T. Sherman, dengan kekuatan lebih dari 100.000 tentara Federal, maju dari Chattanooga, Tennessee, melawan pasukan Konfederasi sebanyak 65.000 orang di bawah pimpinan Jenderal Joseph E. Johnston.

1862: Tentara Meksiko di bawah Ignacio Zaragoza mengalahkan pasukan Perancis dalam Pertempuran Puebla; peristiwa ini diperingati setiap tahun dengan libur nasional Cinco de Mayo di Meksiko.

1821: Napoleon I, yang sedang dalam pengasingan di pulau Saint Helena, meninggal dunia.

1789: Estates General atau dewan legislatif Perancis bersidang kembali untuk pertama kalinya sejak tahun 1614, memulai sebuah peristiwa yang menyebabkan terjadinya Revolusi Perancis.

Komentar Anda