Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 4 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa peristiwa besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 4 Mei:

Kilas Balik Mei

1998: Seorang hakim federal menghukum Theodore “Unabomber” Kaczynski empat hukuman seumur hidup ditambah hukuman 30 tahun; Kaczynski adalah seorang pembom berantai yang mengkirim paket bom pada orang-orang yang berkecimpung dalam teknologi tinggi, menewaskan 3 orang dan melukai 28 orang.

1989: Pesawat ruang angkasa AS bernama Magellan diluncurkan dari Space Shuttle Atlantis menuju Venus untuk memetakan banyak permukaan melengkung planet itu.

1980: Josip Broz Tito, yang menjadi pemimpin Komunis Yugoslavia sejak tahun 1945, meninggal dunia; negara yang ia persatukan pecah menjadi lima negara republik terpisah 12 tahun kemudian.

1970: Selama demonstrasi menentang Perang Vietnam -khususnya serangan AS ke Kamboja- di kampus Kent State University, empat mahasiswa tewas dan sembilan luka-luka ketika Garda Nasional Ohio melakukan tembakan ke arah kerumunan massa.

1942: Pertempuran Laut Koral dimulai di Pasifik Selatan, berlangsung sampai tanggal 8 Mei; perang ini adalah kemunduran pertama Jepang dalam Perang Dunia II dan pertempuran laut pertama yang sepenuhnya melibatkan pesawat berbasis carrier.

1886: Menyusul kematian seorang demonstran dalam bentrokan antara pemogok dan polisi di McCormick Reaper Company pada tanggal 3 Mei, pengunjuk rasa berkumpul di Haymarket Square, Chicago; sebuah bom meledak, memicu terjadinya kerusuhan Haymarket, di mana 11 orang tewas.

1626: Peter Minuit, direktur jenderal pertama koloni New Netherland, tiba di pulau Manhattan, yang kemudian dibeli dari suku Indian.

Komentar Anda