Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 3 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa peristiwa besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 3 Mei:

Kilas Balik Mei

1979: Diuntungkan dengan ketidakpuasan publik pada pergolakan buruh di Inggris, Margaret Thatcher memimpin Partai Konservatif mendapatkan 44 kursi mayoritas di parlemen dalam pemilihan umum dan membentuk pemerintahan pertamanya.

1947: Sebuah konstitusi demokratis baru mulai berlaku di Jepang, di bawah pengawasan otoritas pendudukan Sekutu; sistem ini memberikan kedaulatan kaisar dan hak-hak kepada rakyat.

1945: Pasukan India yang merupakan bagian dari Sekutu, diperintahkan oleh Jenderal Inggris, William Joseph Slim, merebut ibukota Burma, Rangoon -sekarang dikenal sebagai Yangon- dari Jepang.

1926: Sebuah pemogokan masal dimulai di Inggris yang melibatkan tiga juta pekerja yang bersimpati pada pemogokan penambang batu bara; pemerintah merekrut relawan untuk menjaga layanan penting agar tetap berjalan, dan Trades Union Congress mengakhiri pemogokan pada 12 Mei.

1791: Di bawah Stanislaw II, raja terakhir Polandia, negara itu mengadopsi konstitusi baru, menggantikan monarki elektif dengan sistem kerajaan keturunan dan memperkenalkan reformasi liberal yang menghilangkan praktek-praktek hukum dan sosial feodal.

0 thoughts on “Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 3 Mei

  • 05/01/2014 at 8:50 pm
    Permalink

    Saya baru tau bhwa peristiwa2 besar pun terjadi di 3 mei. Thanks gan 🙂

    Reply

Komentar Anda