Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 1 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa peristiwa besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 1 Mei:

Kilas Balik Mei

Setiap tahun: May Day, hari libur terkait dengan ritual musim semi kuno dan tradisi seperti menari di sekitar Maypole, juga dirayakan sebagai Hari Buruh Internasional di banyak negara.

2004: Sepuluh negara bergabung dengan Uni Eropa, yakni Republik Ceko, Siprus, Estonia, Hongaria, Latvia, Lithuania, Malta, Polandia, Slovakia, dan Slovenia.

2003: Dalam pidato yang disampaikan di atas kapal induk Abraham Lincoln, Presiden George W. Bush menyatakan bahwa pertempuran utama dalam perang Irak telah berakhir; pemerintah AS juga menyatakan bahwa operasi tempur di Afghanistan sudah berakhir, meskipun negara itu jelas masih jauh dari stabil 18 bulan setelah penggulingan rezim Talibannya.

1999: Kapsul ruang angkasa Gus Grissom, Mercury, yang tenggelam saat mendarat di Samudera Atlantik pada tahun 1961, ditemukan di dasar laut pada kedalaman 4,8 km; kapsul ini kemudian dibawa ke permukaan.

1898: Komodor AS, George Dewey, mengucapkan kata-kata “Kau boleh menembak ketika siap, Gridley,” memberi sinyal penyerangan AS dan penghancuran armada Spanyol di Manila Bay selama Perang Spanyol-Amerika.

1893: World’s Columbian Exposition, pekan raya dunia kedua yang diadakan di Amerika Serikat, dibuka di Chicago.

1869: Teater Folies-Bergère dibuka di Paris, menjadi tempat kelahiran revue musikal.

1960: Rudal udara Soviet menembak jatuh sebuah pesawat mata-mata U-2 milik Amerika yang sedang dalam misi pengintaian atas Uni Soviet.

1863: Pertempuran Chancellorsville dimulai di padang gurun Virginia utara; tentara Union pimpinan Joseph Hooker dikalahkan oleh Stonewall Jackson yang terluka parah.

1851: The Great Exhibition, pameran pertama di dunia, dibuka di London di Crystal Palace.

Komentar Anda