Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 30 April

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa peristiwa besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 30 April:

kilas balik

2003: Sebuah rencana perdamaian yang disebut “road map,” yang dirancang oleh Amerika Serikat, PBB, Uni Eropa, dan Rusia, secara resmi disampaikan kepada Israel dan Otoritas Nasional Palestina; rencana yang ditujukan untuk penyelesaian komprehensif konflik Israel-Palestina dan pembentukan negara Palestina yang merdeka, layak, dan demokratis pada tahun 2005 ini didukung oleh kedua belah pihak.

2002: Jenderal Pervez Musharraf terpilih kembali menjadi Presiden Pakistan untuk masa jabatan lima tahun ke depan, meskipun jumlah pemilih rendah dan beberapa partai memboikot pemilu.

1970: Pasukan AS dan Vietnam Selatan meluncurkan “serangan terbatas” ke wilayah Kamboja untuk mengusir pasukan Vietnam Utara dari tempat-tempat suci.

1945: Adolf Hitler dan istrinya yang baru dinikahinya satu hari, Eva Braun, bunuh diri di sebuah bunker di Berlin saat Perang Dunia II di Eropa mendekati akhir.

1900: Casey Jones, seorang insinyur yang bekerja untuk Illinois Central Railroad, tewas dalam kecelakaan kereta api di dekat Vaughan, Mississippi; menurut kisah yang beredar, Jones tinggal di ruang kontrolnya di Cannonball Express untuk menyelamatkan para penumpang.

1803: Perjanjian pembelian Amerika Serikat atas Wilayah Louisiana dari Perancis ditandatangani; Pembelian Louisiana ini secara efektif membuat luas Amerika Serikat menjadi dua kali lipat atau bertambah sekitar dua juta km persegi dengan harga sebesar 15 juta dolar.

1789: George Washington resmi didaulat menjadi presiden pertama Amerika Serikat di New York City.

Komentar Anda