Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 29 April

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa peristiwa besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 29 April:

kilas balik

2004: CBS menyiarkan gambar tentara AS yang menyiksa tahanan Irak di penjara Abu Ghraib di Irak, yang mencoreng citra AS di mata Irak dan seluruh dunia Islam; di hari yang sama, pasukan AS mengumumkan mengakhiri pengepungan mereka terhadap Fallujah.

1994: Jajak pendapat pertama Afrika Selatan yang berprinsip “satu orang, satu suara,” yang dimulai pada tanggal 26 April, ditutup; Kongres Nasional Afrika memenangkan hampir 63 % dari total suara.

1992: Sebuah kerusuhan rasial meletus di Los Angeles setelah pembebasan empat petugas polisi yang didakwa melakukan pemukulan terhadap seorang pengendara motor Amerika keturunan Afrika, Rodney King; insiden tersebut terekam kamera.

1980: Sutradara film terbaik dan paling dikagumi di era modern, Alfred Hitchcock, meninggal dunia.

1975: Amerika Serikat mengevakuasi kedutaan besarnya di Saigon saat pasukan Vietnam Utara memasuki kota itu; kini Saigon dikenal dengan nama Ho Chi Minh City.

1945: Eva Braun dan diktator Jerman, Adolf Hitler, menikah di sebuah bunker di Berlin saat pasukan Soviet bergerak maju memasuki kota.

1945: Angkatan Darat Ketujuh AS membebaskan Dachau, kamp konsentrasi Nazi yang digunakan dari tahun 1933 sampai Perang Dunia II. Pasukan AS membebaskan 68.000 penghuni Dachau dan beberapa sub-kamp di dekatnya.

Komentar Anda