Hiburan

Mengenang ABBA, Kuartet Legendaris Dunia

Loading...

ABBA, kuartet asal Swedia, adalah salah satu grup vokal paling sukses secara komersial dalam sejarah musik pop pada tahun 1970-an. Kelompok ini terdiri atas Agnetha Faltskog, Benny Andersson, Bjorn Ulvaeus, dan Anni-Frid “Frida” Lyngstad. Andersson memainkan keyboard dan Ulvaeus memainkan gitar. Keempat personel ABBA juga berperan sebagai vokalis. Nama ABBA diambil dari huruf pertama nama depan masing-masing personel.

Abba

Andersson dan Ulvaeus dan manajer grup, Stig Anderson, menciptakan sebagian besar lagu-lagu ABBA. Lagu-lagu populer ABBA antara lain Waterloo (1974); SOS, Mamma Mia, dan Fernando (semuanya tahun 1975); Dancing Queen, Money, Money, Money, dan Knowing Me Knowing You (semuanya tahun 1976); The Name of the Game dan Take a Chance on Me (keduanya tahun 1977); serta The Winner Takes It All dan Super Trouper (keduanya tahun 1980). Lagu-lagu ini ditandai dengan melodi yang menarik dan orkestrasi yang kaya. Meskipun berbasis di Swedia, ABBA merekam lagu-lagu mereka dalam bahasa Inggris.

Loading...

Ulvaeus lahir pada tanggal 25 April 1945, di Goteborg, Swedia. Lyngstad lahir pada 15 November 1945, di dekat Narvik, Norwegia. Andersson lahir pada 16 Desember 1946, di Stockholm, Swedia. Faltskog lahir pada tanggal 5 April 1950, di Jönköping, Swedia. Keempat orang ini sebelumnya dikenal sebagai musisi pop sebelum akhirnya tampil pertama kali pada tahun 1970 dalam Festfolk. Mereka mulai tampil bersama secara teratur pada tahun 1972 dan memakai nama ABBA pada tahun 1973.

Grup ini memperoleh ketenaran di seluruh Eropa pada tahun 1974 dengan memenangkan Eurovision Song Contest, sebuah kompetisi musik tahunan Eropa, berkat karya mereka Waterloo. Ulvaeus dan Faltskog menikah pada tahun 1971 hingga 1979. Andersson dan Lyngstad menikah pada tahun 1978 hingga 1981. Kedua pernikahan antar personel itu berakhir dengan perceraian.

ABBA bubar pada tahun 1982, dan keempat personelnya melanjutkan karir mereka masing-masing dalam dunia musik. Andersson dan Ulvaeus menulis drama musikal Chess (1986) bersama penulis lirik Inggris, Tim Rice, yang mencakup hits One Night in Bangkok. Musik ABBA memperoleh audiens baru berkat popularitas internasional pentas musikal Mamma Mia! (1999), yang menampilkan 22 lagu ABBA. Sebuah versi film populer dari drama musikal ini dirilis pada tahun 2008.

ABBA masuk ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2010. Pada tahun 2013, ABBA The Museum, bagian dari Swedish Music Hall of Fame, dibuka di Stockholm. Museum itu menampilkan kostum panggung yang dikenakan oleh anggota ABBA serta musik dan video ABBA.

Loading...

Komentar Anda