Kitab Agama Termahal di Dunia

Berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk membeli sebuah buku kecil dan compang-camping yang isinya penuh dengan kesalahan cetak? Bagaimana jika Anda harus merogoh kocek hingga ratusan milyar rupiah?

Mazmur

Pada bulan November 2013, sebuah kitab kecil mazmur, atau puisi keagamaan, terjual dengan harga 14,2 juta dolar atau sekitar 164,2 milyar rupiah, harga tertinggi yang pernah ada untuk sebuah buku yang dijual di lelang. Tapi ini bukan buku biasa. Dikenal sebagai Bay Psalm Book, buku ini adalah kitab mazmur berbahasa Inggris pertama yang dicetak di Amerika Utara.

Buku langka ini dicetak pada tahun 1640 oleh kaum Puritan dari Massachusetts Bay Colony, sekitar 10 tahun setelah mereka tiba di New World (AS) dari Inggris. Pada saat itu, tidak ada ahli cetak buku di koloni itu, sehingga seorang tukang kunci diminta mengoperasikan mesin cetak. Karena ia masih belajar mengoperasikan alat itu, beberapa halaman Bay Psalm Book berada di urutan yang salah dan yang lainnya kosong. Juga, kaum Puritan melakukan pemeriksaaan ejaan karena buku ini memiliki banyak kesalahan ejaan.

Dari 1.700 eksemplar awal yang dicetak, hanya 11 buah yang diketahui masih ada. Pembeli kitab agama termahal ini adalah seorang dermawan bernama David Rubenstein. Ia berencana untuk meminjamkan Bay Psalm Book­­-nya ke perpustakaan di seluruh negeri.

Komentar Anda