Gedung Tertinggi Baru Amerika Serikat

Menara Tertinggi Amerika
One World Trade Center

New York City merebut kembali gelar sebagai kota yang memiliki gedung tertinggi Amerika Serikat dari Chicago setelah 40 tahun lamanya. Sejak 1973, Chicago telah menjadi rumah bagi bangunan tertinggi di negara itu. Pada tahun itu, Windy City’s Sears Tower (sekarang dikenal dengan Willis Tower) menduduki peringkat teratas dalam daftar gedung tertinggi di AS. Dengan tinggi mencapai 442 meter, gedung ini merebut gelar gedung tertinggi AS dari menara utara (salah satu menara Twin Towers) di World Trade Center, New York City.

Tetapi pada bulan November 2013, New York City merebut kembali mahkotanya. Dengan tinggi mencapai 541 meter, gedung One World Trade Center baru milik kota berjuluk Big Apple ini resmi menjadi gedung pencakar langit tertinggi di AS. One World Trade Center dibangun di dekat bekas tempat menara kembar yang dulu pernah berdiri sebelum hancur karena serangan teroris pada 11 September 2001. Hari itu dikenal sebagai peristiwa 9/11. Pesawat yang dibajak teroris menabrak gedung itu dan menghancurkannya. Peristiwa ini menjadi serangan teroris terbesar dalam sejarah Amerika Serikat.

Sebelum Sears Tower dibangun di Chicago, Twin Towers menjadi dua bangunan tertinggi di negeri Paman Sam. Tapi One World Trade Center terbaru ini lebih tinggi dari kedua menara kembar serta gedung pencakar langit terkenal Chicago itu. Menara baru ini juga dianggap sebagai gedung perkantoran tertinggi di dunia serta dinobatkan sebagai gedung pencakar langit tertinggi ketiga di dunia. Bangunan tertinggi dunia adalah Burj Khalifa. Gedung raksasa ini berada di Timur Tengah, tepatnya di kota Dubai, Uni Emirat Arab. Tingginya mencapai 828 meter.

One World Trade Center secara resmi dibuka pada awal tahun 2014. Di dekat gedung ini berdiri National September 11 Memorial & Museum yang dibuka hampir tiga tahun sebelumnya, yakni pada tanggal 11 September 2011. Bangunan ini didirikan untuk mengenang para korban yang tewas dalam serangan bom pada 26 Februari 1993 dan pada 11 September 2001. Gedung ini juga dimaksudkan untuk menghormati orang-orang yang mempertaruhkan nyawa mereka demi menyelamatkan orang lain. Gedung peringatan ini juga memiliki dua kolam reflektif berbentuk persegi yang terletak di atas tanah tempat menara kembar dulu berdiri.

Antena atau Menara?

Beberapa orang di Chicago berpendapat bahwa bangunan kota mereka tetaplah yang tertinggi di AS. Argumen mereka bertumpu pada definisi kata “antena.” Baik One World Trade Center maupun Willis Tower memiliki tiang raksasa di atapnya yang digunakan sebagai antena komunikasi. Antena di Willis Tower tidak termasuk dalam tinggi bangunan. Tapi tiang di One World Trade Center dianggap sebagai puncak menara. Hal ini berarti secara teknis antena tersebut merupakan bagian dari bangunan, bukan sekedar konstruksi tambahan.

Tinggi atap One World Trade Center hanya 407 meter, lebih pendek 30 meter dari Willis Tower. Tetapi karena puncak menara dihitung sebagai bagian dari bangunan, One World Trade Center secara resmi dianggap lebih tinggi. Dewan Bangunan Tinggi dan Habitat Urban internasional membuat aturan tentang gedung pencakar langit. Aturan tersebut menyatakan bahwa ketinggian bangunan bisa mencakup menara, tetapi tidak mencakup antena, tiang bendera, atau tanda-tanda lainnya. Semua anggota dewan sepakat memutuskan bahwa One World Trade Center menjadi gedung tertinggi di Amerika.

Komentar Anda