Fakta-Fakta Menarik Tentang Mata Uang AS

Dolar AS (simbol $) adalah mata uang yang digunakan di seluruh dunia sebagai alat tukar dan kurs cadangan devisa. Meski kita sering mendengar bahkan mungkin pernah memakainya, hanya sedikit hal yang kita ketahui tentang mata uang Amerika Serikat ini. Berikut beberapa fakta unik tentang dolar AS:

dolar as

Tonjolan pada koin dolar dimaksudkan untuk mencegah pemalsuan

Apakah Anda pernah memperhatikan ada sedikit tonjolan pada koin dolar? Koin-koin ini terbuat dari logam mulia seperti emas dan perak untuk memastikan pemalsu tidak bisa memalsukannya dengan cara mengikis tepi koin dan memakai kikisan logam itu untuk membuat uang palsu.

Saat ini, tidak ada tonjolan koin yang terbuat dari emas atau perak, tetapi tonjolan ini masih berfungsi sebagai โ€œhuruf braille” bagi orang-orang yang memiliki gangguan penglihatan untuk mengetahui nilai koin tersebut.

Tidak ada wajah Presiden AS yang dipasang pada mata uang ketika masih hidup

Orang Amerika memiliki tradisi unik berkenaan uang mereka, yakni hanya memasang wajah Presiden AS yang sudah meninggal dunia pada koin atau uang kertas dolar baru. Tradisi ini disahkan oleh hukum. Mereka berpikir bahwa tidaklah tepat untuk menghormati orang yang masih hidup dengan memasang wajah mereka pada mata uang yang sah, terutama pada koin yang beredar luas.

Setidaknya dua tahun setelah kematian Presiden, potret dirinya bisa muncul dalam seri Dolar Presiden. Alasan lainnya adalah untuk memastikan bahwa tidak ada tradisi monarki yang memasang wajah raja yang masih hidup pada koin dan uang kertas yang masih beredar.

Alexander Hamilton dan Benjamin Franklin adalah dua tokoh non-presiden yang muncul pada uang kertas dolar

Hal ini bertolak belakang dengan keyakinan banyak orang bahwa hanya potret presiden yang bisa dipasang pada mata uang. Alexander Hamilton adalah salah satu dari dua orang non-presiden yang wajahnya dipasang pada uang kertas AS dari tahun 1861 sampai sekarang. Tokoh lainnya adalah patriot AS Benjamin Franklin yang wajahnya dimuat pada uang kertas pecahan 100 dolar.

Uang dolar yang paling sering dipalsukan di AS adalah pecahan 20 dolar

Pemalsuan uang berarti hukuman mati di AS. Mata uang yang dicetak Benjamin Franklin sering diberi frasa “memalsukan berarti kematian”. Di negara-negara lain, uang yang sering dipalsukan adalah pecahan 100 dolar, tapi di Amerika Serikat sendiri, pecahan 20 dolar adalah yang paling sering dipalsukan.

Fakta unik tentang uang kertas dollar:

U.S. Bureau of Engraving and Printing memproduksi sekitar 26 juta uang kertas setiap hari dengan nilai nominal sekitar 907 juta dolar.

Bahan uang kertas dolar terdiri atas 25 persen linen dan 75 persen kapas. Mata uang kertas memiliki serat sintetis kecil berwarna merah dan biru berbagai ukuran yang tersebar merata di seluruh permukan kertas.

Perkiraan berat uang kertas dolar adalah satu gram.

Masa edar rata-rata pecahan uang kertas Federal Reserve menurut denominasinya:

* 1 dolar – 21 bulan
* 5 dolar – 16 bulan
* 10 dolar – 18 bulan
* 20 dolar – 2 tahun
* 50 dolar – 4,5 tahun
* 100 dolar – 7,5 tahun

3 thoughts on “Fakta-Fakta Menarik Tentang Mata Uang AS

  • 09/18/2014 at 11:54 am
    Permalink

    mirip-mirip Indonesia lah. sayang nasibnya berbeda ๐Ÿ™

    Reply
  • 05/18/2015 at 2:28 pm
    Permalink

    terimakasih untuk postingan artikelnya ๐Ÿ˜€

    Reply
  • 06/13/2015 at 9:30 am
    Permalink

    mengapa alasannya tidak ada wajah presiden yang di pasang gan?
    terimakasih ๐Ÿ˜‰

    Reply

Komentar Anda