Apakah Menara Miring Pisa Sengaja Dibuat Miring?

Menara Miring Pisa tidak pernah berdiri tegak. Menara lonceng di Italia ini bahkan sudah miring saat sedang dibangun lebih dari 800 tahun yang lalu. Tapi saat ini, kemiringan menara ini berkurang sekitar satu inci dibandingkan satu dekade yang lalu. Para ahli menyatakan bahwa proyek senilai 40 juta dolar untuk menyelamatkan menara ini agar tidak ambruk ternyata berhasil.

menara miring pisa

Pembangunan Menara Miring Pisa dimulai pada tahun 1173. Butuh waktu hampir 200 tahun untuk menyelesaikan pembangunannya. Pekerja menemukan bahwa tanah lembek di bawah menara tidak bisa sepenuhnya mendukung berat konstruksi bangunan ini. Saat menara perlahan-lahan tenggelam ke dalam tanah, konstruksi bangunan ini mulai miring. Selama bertahun-tahun, menara marmer itu terus-menerus miring.

Pada tahun 1990, kemiringannya sudah lebih dari empat meter. Banyak orang khawatir menara ini akan runtuh. Menara ini lalu ditutup untuk wisatawan dan upaya untuk mengurangi kemiringan dimulai. Kabel baja digunakan untuk menstabilkan bangunan dan pekerja menggali tanah di bawah ujung yang lebih tinggi dari menara untuk mengangkat menara secara perlahan-lahan.

Pada tahun 2001, menara telah diluruskan hampir 50 cm. Menara ini dibuka kembali untuk umum dan kabel baja telah disingkirkan. Para insinyur berharap bahwa menara perlahan-lahan akan terus menegakkan diri saat tanah di bawahnya sudah mengeras. Pengukuran terbaru menunjukkan bahwa kemiringan masih lebih dari 3,6 meter. Tetapi para ahli mengatakan menara akan mengurangi kemiringannya sendiri dari waktu ke waktu.

Untuk orang-orang Pisa, berkurangnya kemiringan menara Pisa bukanlah hal yang terlalu baik. Bagaimanapun juga, menara miring adalah hal yang menarik sekitar 500.000 pengunjung ke kota mereka setiap tahun. “Orang-orang Pisa sangat senang menara mereka telah diperbaiki,” kata walikota Pisa pada wartawan, “tapi tidak jika menara itu ditegakkan.”

Komentar Anda