Sensus Serangga: Berapa Jumlah Serangga di Dunia?

Pernahkah Anda mencoba menghitung berbagai jenis serangga yang dapat ditemukan di tempat tinggal Anda? Tentu sangat sulit untuk menghitung jumlah makluk ini. Sekarang bayangkan bila Anda harus menghitung setiap serangga di seluruh dunia. Tentu sangat mustahil, tapi itulah yang dilakukan oleh Yves Basset, seorang ilmuwan dari Smithsonian Tropical Research Institute, sejak 10 tahun yang lalu.

serangga

Dunia memiliki jutaan serangga. Ahli entomologi telah mendaftar hampir satu juta jenis serangga. Tapi mereka juga memperkirakan masih ada sekitar 2 hingga 30 juta serangga yang belum diklasifikasikan. Basset dan sebuah tim ahli entomologi dari seluruh dunia mencoba melakukan misi mustahil ini, yakni melakukan sensus serangga. Mereka mulai menghitung serangga di hutan hujan di negara Panama.

Banyak orang berpikir bahwa menghitung arthropoda hanya dari sebagian kecil hutan hujan San Lorenzo, Panama, adalah mustahil. Tapi Basset dan timnya memiliki cara-cara kreatif untuk menghitung anggota terkecil habitat hutan hujan ini. “Kami mengambil sampel setiap arthropoda dari tanah hingga ke bagian atas hutan -kami menyebutnya kanopi,” kata Basset.

Untuk melihat serangga terbang tinggi di kanopi, peneliti harus mencari cara untuk mencapai puncak pohon hutan hujan yang tinggi itu. Tentu ini bukan tugas yang mudah. Pohon di hutan hujan San Lorenzo dapat tumbuh setinggi 13 lantai atau sekitar 39 meter di atas tanah hutan. Pemanjat pohon profesional dapat membantu para peneliti. Tim juga menaiki balon helium untuk terbang di atas pohon. Para ilmuwan bahkan menggantung sebuah “kapal udara” di atas hutan untuk membantu tim melihat apa yang mereka perlukan.

Bagian pertama misi penghitungan melibatkan sampel pengumpulan serangga. Proses ini memakan waktu dua tahun. Sampel kemudian dikirim ke lebih dari 100 ilmuwan di seluruh dunia. Mereka mempelajari anatomi serangga dan menggunakan analisis DNA untuk mendeskripsikan dan menamai mereka.

Mendeskripsikan serangga memerlukan waktu delapan tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Basset dan timnya telah mengumpulkan 130.000 arthropoda dan sekitar 6.100 spesies secara keseluruhan. Penelitian di Panama ini hanyalah awal dari sebuah sensus keseluruhan dari serangga yang hidup di bumi. Para ilmuwan percaya penelitian ini adalah awal yang baik dalam misi penghitungan yang ternyata bisa dilakukan.

Komentar Anda