Fakta Tentang Keracunan Makanan

Keracunan makanan adalah penyakit yang disebabkan karena makan makanan yang terkontaminasi oleh mikroorganisme atau bahan kimia, atau makanan yang memang mengandung racun. Makanan dapat terkontaminasi oleh bahan kimia seperti timah atau seng yang menyebabkan keracunan makanan. Beberapa jenis jamur dan ikan tertentu beracun jika dimakan. Kasus yang sering muncul adalah keracunan makanan yang disebabkan oleh mikroorganisme, seperti bakteri, jamur, virus, dan parasit.

keracunan makanan

Beberapa agen penyebab keracunan makanan sudah ada dalam makanan pada saat ternak akan disembelih atau tanaman akan dipanen. Beberapa mikroorganisme ada yang bisa menyebabkan makanan basi tetapi tidak berbahaya. Namun, bakteri-bakteri tertentu yang berkembang biak dalam makanan bisa menghasilkan racun penyebab penyakit. Bakteri Staphylococcus menghasilkan racun yang bisa menyebabkan muntah dan diare beberapa jam setelah makanan yang terkontaminasi dikonsumsi. Bakteri Clostridium botulinum menyebabkan masalah yang jauh lebih serius bahkan seringkali fatal, yakni jenis keracunan makanan yang disebut botulisme.

Banyak contoh keracunan makanan yang sebenarnya merupakan infeksi bakteri, virus, atau parasit yang berkembang biak di dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Bakteri bawaan makanan yang paling umum adalah Salmonella dan Campylobacter. Bakteri ini mempengaruhi lambung dan usus, menyebabkan mual dan diare. Jenis bakteri Escherichia coli yang umum adalah E. coli O157:H7, menyebabkan penyakit parah dan gagal ginjal, terutama pada anak-anak. Virus yang menyebabkan hepatitis A dan penyakit hati serius sering ditularkan ke orang melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Parasit penyebab penyakit , seperti Cryptosporidium dan Giardia, sering mengkontaminasi sayuran mentah.

Penyakit yang disebabkan keracunan makanan biasanya singkat dan ringan dan tidak menyebabkan kerusakan permanen pada orang sehat. Orang tua, anak-anak, wanita hamil, dan orang dewasa yang sistem kekebalan tubuhnya melemah karena penyakit atau obat-obatan paling rentan terhadap keracunan makanan.

Pengolahan dan persiapan makanan yang tepat akan menghancurkan agen penyebab keracunan makanan dan mencegah sebagian besar penyakit. Sebelum mengolah makanan, tangan harus dicuci sampai bersih. Makanan yang juga harus dicuci terutama jika dimakan mentah. Mendinginkan, membekukan, atau memanaskan makanan pada suhu tinggi penting untuk mencegah bakteri tumbuh dan menjaga makanan tetap aman dikonsumsi.

2 thoughts on “Fakta Tentang Keracunan Makanan

  • 05/18/2015 at 2:25 pm
    Permalink

    apa berbahaya bagi kesehatan gan?
    terimakasih 😉

    Reply
  • 06/13/2015 at 9:28 am
    Permalink

    jadi maksudnya makanan-makanan junk food itu sama saja beracun gitu gan?
    terimakasih 😉

    Reply

Komentar Anda