Berapa Jumlah Spesies di Muka Bumi?

Diperkirakan ada sekitar 8,7 juta spesies tumbuhan, hewan, dan organisme lain di bumi, menurut hitungan terbaru kehidupan di planet kita. Perkiraan sebelumnya mengenai jumlah spesies bumi berkisar antara 3 juta hingga 10 juta. Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan di Universitas Dalhousie, Kanada, pada tahun 2011, menggunakan model matematika berdasarkan jumlah spesies yang dikenal.

makhluk hidup

Para ilmuwan menghitung bahwa ada sekitar 7,77 juta spesies hewan; 298.000 spesies tanaman; 611.000 jenis jamur; 36.400 spesies protozoa; dan 27.500 spesies chromista (organisme yang menghuni sebagian besar lautan dan membuat makanannya sendiri menggunakan sinar matahari). Namun, hanya sekitar 1,3 juta spesies yang benar-benar telah diberi nama dan diklasifikasikan. Para ilmuwan Dalhousie memperkirakan bahwa 86 persen dari semua spesies darat dan 91 persen dari seluruh spesies laut masih belum diketahui sehingga belum bisa dipelajari atau dikelompokkan.

Ahli biologi kelautan, Boris Worm, salah satu penulis dalam studi tersebut, membandingkan bumi dengan sebuah mesin yang memiliki 8,7 juta bagian dalam sebuah artikel tentang penelitian ini di The Washington Post. “Jika Anda menganggap planet sebagai sistem pendukung kehidupan spesies kita, Anda akan ingin mengetahui betapa kompleksnya sistem pendukung kehidupan ini,” kata Worm.

The International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources, sebuah federasi global pemerintah dan organisasi konservasi swasta, memperkirakan bahwa sedikitnya sepertiga spesies bumi terancam punah.

Komentar Anda