Makanan dan Minuman Orang Meksiko

Ribuan tahun yang lalu, penduduk asli wilayah Meksiko menemukan cara untuk menanam jagung yang menjadi makanan utama mereka. Saat ini, jagung masih merupakan makanan utama sebagian besar rakyat Meksiko, terutama di daerah pedesaan. Juru masak Meksiko umumnya melunakkan jagung dengan merendamnya dalam larutan kimia ringan yang disebut limewater. Kemudian mereka akan merebus jagung dan menggilingnya menjadi tepung.

Makanan Orang Meksiko

Makanan olahan jagung yang utama adalah tortilla, yang merupakan roti datar dan tipis yang dibentuk dengan tangan atau mesin dan dimasak di atas wajan tanpa minyak. Tortilla juga bisa dibuat dari tepung terigu. Tortilla adalah roti bagi semua orang Meksiko. Mereka makan tortilla polos atau taco (tortilla lipat berisi daging cincang atau keju, kadang digoreng), enchilada (tortilla gulung berisi daging cincang atau keju dan ditutupi dengan saus cabai merah), atau tostadas (jagung tortilla goreng berbentuk datar yang disajikan dengan daging, keju, kacang-kacangan, selada, dan bawang). Di Meksiko utara, tortilla gandum lebih umum dimakan. Burrito adalah tortilla tepung terigu besar yang penuh dengan bahan-bahan seperti keju, kacang-kacangan, sayuran, beras, dan saus pedas.

Banyak orang Meksiko makan frijoles (kacang) yang direbus dan dihaluskan, lalu digoreng ulang dalam lemak babi. Orang Meksiko dari kalangan bawah makan frijoles setiap hari, seringkali menggunakan tortilla lipat untuk menyendokinya. Beras juga direbus dan kemudian digoreng. Makanan populer lainnya adalah atole (hidangan sup jagung kental) dan tamale (tepung jagung yang dikukus dalam sekam jagung atau daun pisang dan biasanya diisi dengan daging babi atau ayam). Kebanyakan orang Meksiko suka makanan pedas, mereka membumbui makanannya dengan berbagai macam cabai. Ayam kalkun adalah hidangan musim liburan yang populer. Makanan ini sering disajikan dengan saus yang terbuat dari coklat, cabai, biji wijen, dan rempah-rempah.

Keluarga miskin di Meksiko makan sedikit daging karena mereka tidak mampu membelinya. Meski demikian, makanan mereka sehat dan bervariasi, seperti jagung, kacang-kacangan, buah, madu, bawang, tomat, labu, atau ubi jalar. Buah-buahan favorit orang Meksiko adalah alpukat, pisang, mangga, jeruk, dan pepaya. Buah dan daun kaktus pir berduri juga diolah dengan cara direbus atau digoreng. Orang kaya Meksiko memiliki diet yang lebih seimbang.

Minuman populer di Meksiko adalah jus buah dan cokelat panas rasa kayu manis yang diperam hingga berbusa. Orang Meksiko juga minum kopi, susu, dan air mineral, dan mereka sangat menyukai minuman ringan. Minuman beralkohol seperti bir dan anggur serta dua minuman keras suling populer yang disebut mescal dan tequila (keduanya terbuat dari sari tanaman maguey), juga digemari di Meksiko.

Komentar Anda