5 Manfaat Madu yang Menakjubkan Menurut Dr. Oz

Selain rasanya nikmat, madu ternyata juga memiliki manfaat yang sangat menakjubkan. Itulah yang diungkapkan oleh Dr. Oz. Kekuatan penyembuhan madu sudah diketahui sejak berabad-abad yang lalu. Banyak penelitian menyebutkan bahwa madu sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Berikut lima manfaat madu menurut Dr. Oz:

Madu

1. Meredakan Batuk

Jika Anda menderita batuk yang membandel, studi ilmiah menunjukkan bahwa madu dapat meredakan batuk secara efektif. Struktur madu yang kental bisa menghangatkan tenggorokan dan rasanya yang manis bisa memicu saraf tertentu yang membuat tenggorokan menjadi kurang sensitif terhadap impuls batuk.

2. Mengobati Luka Bakar

Mengoleskan lapisan tipis madu pada luka bakar kecil dapat membantu mengatasi sensasi menyengat yang timbul serta memiliki efek anti-inflamasi. Madu yang bersifat antibakteri juga dapat mencegah infeksi akibat luka bakar dan bisa mempersingkat waktu penyembuhan.

3. Membantu Tidur Nyenyak

Sifat madu mentah yang menenangkan sangat berkhasiat untuk membantu seseorang tidur nyenyak. Madu dapat memicu kinerja triptofan yang membantu membuat seseorang mengantuk. Di samping itu, jika seseorang menderita batuk yang membuatnya terbangun di malam hari, satu sendok teh madu bisa membantu menenangkan tenggorokan saat tidur.

4. Membantu Menyembuhkan Luka

Mengoleskan lapisan tipis madu mentah pada luka kecil benar-benar dapat membantu mensterilkan dan menyembuhkan luka. Penerapan madu pada luka akan membuatnya tetap lembab dan paparan oksigen membantu mengaktifkan enzim dalam madu yang membentuk hidrogen peroksida, yang memiliki kemampuan anti-bakteri. Oleskan madu dengan kapas dan tutup luka dengan plester. Untuk sayatan luka yang dalam, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

5. Meningkatkan Imunitas

Fitonutrien yang terdapat dalam madu mentah memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit. Jika Anda merasa kurang enak badan, cobalah membuat “Hot Ozzy” dengan cara mencampurkan 1 sendok makan madu dan 2 sendok teh jus lemon dalam 1/2 cangkir air hangat.

Komentar Anda