Mengenal Binatang Antelope

Antelope adalah nama dari kelompok hewan yang memiliki kuku dan tanduk berongga. Mereka berasal dari keluarga yang sama dengan kambing dan kembu. Tapi antelop lebih mirip rusa karena kebanyakan dari mereka bertubuh ramping dan anggun. Antelope, seperti hewan ternak lain, adalah pemamah biah.

Fakta Antelope

Antelope menjaga tanduk mereka selama hidup. Baik antelope jantan dan atau betina memiliki tanduk. Tanduk pejantan biasanya tumbuh lebih besar. Beberapa antelope memiliki tanduk pendek yang lurus. Tanduk lain ada yang berbentuk panjang dan melengkung, terkadang melintir membentuk spiral. Beberapa tanduk antelope ada yang halus, sementara yang lain memiliki lekukan berbentuk cincin di sepanjang tanduknya. Tanduk antelope terbentuk di sekitar satu inti tulang. Tanduk antelope tidak bercabang seperti cabang pohon, sebagaimana tanduk rusa.

Kebanyakan antelope hidup di Afrika, tetapi beberapa spesies ada yang ditemukan di Asia. Pronghorn Amerika Utara bukanlah antelope asli, meskipun menyerupai antelope. Beberapa antelope, seperti duiker dan bongo, hidup di hutan-hutan. Lainnya tinggal di pegunungan dan dataran tinggi padang pasir. Beberapa jenis antelope, seperti sitatunga dan lechwe Afrika tengah, tinggal di rawa-rawa. Namun, jumlah dan macam antelop yang hidup di dataran kering atau rumput Afrika timur dan selatan jauh lebih besar daripada di tempat lain.

Beberapa orang Afrika berburu antelop untuk dimakan. Peternakan juga memelihara berbagai jenis antelop untuk diambil dagingnya. Daging Antelope yang tinggal di daerah tropis sangat baik karena beberapa jenis spesies memakan lebih banyak jenis tanaman tropis daripada sapi atau domba. Selain itu, antelope memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap berbagai penyakit tropis.

Komentar Anda