Tradisi dan Kesenian Masyarakat Kuba

Tarian Kuba

Kuba memiliki tradisi unik dalam dunia seni budaya. Pemerintah Kuba sangat mendukung seni dan mensponsori balet, drama, dan acara budaya lainnya untuk masyarakat secara gratis. Karya-karya Institut Seni Sinematografi dan Industri Kuba yang disponsori pemerintah Kuba telah menjadikan Kuba sebagai pusat industri film Amerika Latin. Casa de las Américas (House of the Americas) -yang mendukung karya para seniman, penulis, dan musisi- merupakan salah satu lembaga kebudayaan yang paling bergengsi di Amerika Latin.

Lukisan Kuba dikenal terutama karena pewarnaan yang kuat dan penggambaran kejadian dramatis. Armando Menocal, yang mulai melukis di akhir 1800-an, menjadi pelukis terkenal karena karya mural dan lukisan peristiwa sejarahnya. Pelukis Kuba terkenal lainnya pada era 1900-an adalah Amelia Pelaez, René Portocarrero, dan Wifredo Lam. Pelaez memelopori pengenalan seni modern di Kuba. Portocarrero dan Lam menggabungkan unsur-unsur Afrika dan Kuba dalam karya mereka.

Penyair José Marti adalah penulis Kuba yang paling terkenal pada era 1800-an. Marti menulis hal-hal yang berkaitan dengan politik. Dimulai pada tahun 1880-an, ia memimpin perjuangan Kuba untuk merdeka dari Spanyol. Novelis Kuba yang paling menonjol pada awal dan pertengahan era 1900-an adalah Alejo Carpentier dan José Lezama Lima.

Carpentier menghasilkan karya-karya dalam gaya realisme magis, yang memadukan mimpi dan sihir dengan realitas sehari-hari. Lezama menulis puisi dan ulasan sastra. Guillermo Cabrera Infante menjadi salah satu novelis dan penulis cerita pendek Kuba yang paling terkenal pada akhir 1900-an. Karya fiksi inovatifnya mengandung berbagai jenis permainan kata.

Musik populer Kuba juga sangat terkenal di seluruh dunia. Musik yang sangat berirama ini menggabungkan unsur tradisi Afrika dan Eropa, terutama Spanyol,. Banyak musik Kuba yang memasukkan unsur gitar dan instrumen perkusi seperti castanet, marakas, dan berbagai drum, termasuk drum bongo. Musik Kuba telah melahirkan sejumlah tarian, termasuk tarian cha-cha-cha, conga, mambo, rumba, son, bolero Kuba, dan salsa.

Komentar Anda