Mengapa Angka 13 Dianggap Sebagai Angka Sial?

Di antara banyak angka yang ada di dunia, angka 13 memiliki reputasi paling buruk karena ia dianggap sebagai angka sial. Semua yang berhubungan dengan angka 13 akan dianggap sial. Angka itu sendiri dianggap sial, terutama jika tanggal 13 jatuh pada hari Jumat. Elevator umumnya melewatkan lantai 13. Mengapa?

angka 13

Faktanya, ada jutaan orang yang menderita fobia takut pada angka 13 secara berlebihan. Di dunia medis, fobia ini dikenal dengan nama triskaidekaphobia. Bahkan, diperkirakan sekitar 800 dolar hingga 900 juta dolar hilang setiap hari Jumat tanggal 13 karena banyak orang menunda perjalanan atau bisnis lainnya.

Ketakutan terhadap angka 13 sedikit banyak berakar pada keyakinan agama kuno. Dalam agama Kristen, angka ini ditakuti karena Yudas Iskariot, si pengkhianat Kristus, menjadi tamu ke-13 pada Perjamuan Terakhir (The Last Supper). Selain itu, pada 13 Oktober 1307, Knights Templar, seorang ksatria Kristen yang utama, ditangkap dan dieksekusi oleh Raja Philip IV dari Perancis. Tentu saja, perlu dicatat bahwa rasa takut ini sedikit salah tempat karena dalam kasus-kasus lain, angka 13 memiliki makna positif dalam teks-teks suci Kristen.

Bukan hanya tradisi Kristen yang membuat angka 13 dianggap sebagai angka petaka. Dalam mitologi Norse (Norwegia), Loki adalah dewa ke-13 di Norse Pantheon dan yang paling licik dari semua dewa. Ia bahkan mengatur pembunuhan dewa lainnya, Balder. Loki juga menjadi tamu ke-13 di pemakaman Balder. Alasan lain mengapa angka 13 dianggap sial adalah banyak orang percaya bahwa angka ini tidak muncul dalam Kode Hammurabi, meski pada kenyataannya, Kode ini juga memuat hukum ke-13 yang tidak tercantum dalam terjemahan populer.

Jika semua pembicaraan tentang tradisi dan mitos agama terlihat mengada-ada dan terlalu berbau takhayul, masih ada beberapa alasan lain mengapa angka 13 dipandang sebagai kesialan:

Ada anggapan bahwa anak tangga yang membawa seseorang ke tiang gantungan ketika hendak digantung di abad pertengahan jumlahnya 13 buah.
Misi ruang angkasa Apollo 13 hampir menjadi malapetaka.
Kartu ke-13 dalam dek kartu Tarot adalah kartu mati.

Tentu saja, ini samasekali bukanlah bukti ilmiah bahwa angka 13 adalah angka sial, namun kepercayaan orang tentang hal ini masih belum memudar. Bahkan, sebuah kelompok tahun 1880-an bernama The Thirteen Club yang didedikasikan untuk menghilangkan prasangka terhadap angka 13 dan memiliki empat Presiden Amerika Serikat sebagai anggotanya, tidak bisa menghilangkan stigma negatif ini.

Komentar Anda