Cara Membedakan Senyum Asli dan Senyum Palsu

Meski senyuman tampak memesona dan menyenangkan bagi semua orang, tidak berarti bahwa semua senyuman selalu asli. Pada kenyataannya, senyum palsu yang paling indah sekalipun dapat menyembunyikan kebohongan dan kepalsuan. Tapi apa tanda-tandanya?

senyum palsu

Itulah yang diteliti oleh ahli anatomi Prancis, Guillaume Duchenne, pada pertengahan abad ke-19. Mulai tahun 1862, ia melakukan eksperimen untuk merangsang otot-otot wajah manusia menggunakan arus listrik yang bertujuan mengisolasi respon otot terhadap rangsangan positif. Hasilnya, ia menemukan fakta bahwa aktivasi otot mata tertentu adalah tanda pasti senyuman asli.

Cara terbaik untuk mendeteksi senyum palsu adalah dengan cara melihat mata. Mata yang berkerut adalah tanda pasti senyuman tulus. Hal ini disebabkan adanya oculis orbicularis, otot kecil di sekitar mata yang menyebabkan kulit terlipat setiap kali senyuman tulus dihasilkan. Jika senyum tampak luas tetapi mata tampak tidak terpengaruh, kemungkinan ekspresi tersebut adalah sikap untuk menampilkan sopan santun ketimbang menampilkan ​​sukacita murni yang jujur.

Komentar Anda