Berapa Banyak Orang yang Pernah Berjalan di Bulan?

Perjalanan ruang angkasa mungkin masih tampak seperti sesuatu yang hanya ada dalam novel atau film fiksi ilmiah. Tetapi pada kenyataannya, manusia sudah menghabiskan waktu lebih dari setengah abad untuk menjelajah planet bumi dan segala benda misterius yang ada di ruang angkasa.

Neil Amstrong

Tentu saja, salah satu peristiwa yang paling berkesan dalam eksplorasi ruang angkasa adalah pendaratan di bulan, suatu prestasi besar yang hanya bisa dirasakan oleh 12 orang astronot.

Saat Neil Armstrong dan Buzz Aldrin ambil bagian dalam misi Apollo 11 ke bulan tahun 1969, mereka menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di permukaan bulan. Selain itu, mereka juga membuka jalan bagi astronot lain untuk mengikuti jejaknya. Charles “Pete” Conrad dan Alan L. Bean juga mendapat kesempatan menjadi manusia berikutnya yang menginjakkan kaki di bulan dalam misi Apollo 12 di tahun yang sama.

Misi Apollo 14 pada tahun 1971 membawa Alan Shepard dan Edgar D. Mitchell berjalan di satelit bumi ini, sebuah pengalaman langka yang segera diikuti oleh David Scott dan James B. Irwin dalam misi Apollo 15 beberapa bulan kemudian.

Misi Apollo terakhir, Apollo 16 dan Apollo 17, terjadi pada tahun 1972 dan membawa John Young, Charles M. Young Jr., Eugene A. Cernan, dan Harrison “Jack” Schmitt berjalan di permukaan bulan sebelum ekspedisi tersebut dihentikan oleh NASA.

Komentar Anda