10 Fakta Menarik Tentang Film The Godfather (1972)

The GodfatherThe Godfather adalah salah satu film legendaris Hollywood. Film yang dibintangi Marlon Brando dan Al Pacino ini berkisah tentang konflik keluarga mafia keturunan Italia yang sangat berpengaruh di Amerika Serikat. The Godfather berhasil menyabet 3 piala Oscar dan puluhan penghargaan bergengsi lainnya. Berikut 10 trivia unik mengenai film The Godfather:

1. Marlon Brando ingin membuat Don Corleone tampak seperti anjing bulldog, sehingga ia mengisi pipinya dengan kapas saat audisi film. Saat syuting, ia mengenakan alat khusus yang dipasang di mulut buatan seorang dokter gigi. Alat ini dipamerkan di American Museum of the Moving Image di Queens, New York.

2. Kakek dan nenek Al Pacino dari pihak ibu beremigrasi ke Amerika Serikat dari Corleone, Sisilia, tempat kelahiran karakter Vito Corleone.

3. Adegan di mana karakter Sonny Corleone menjungkalkan fotografer FBI ke tanah adalah improvisasi spontan sang aktor, James Caan. Reaksi ketakutan pemeran fotografer FBI itu asli.

4. Gianni Russo menggunakan koneksi kriminalnya yang terorganisir untuk mendapatkan peran Carlo Rizzi. Ia bahkan sampai meminta kru kamera untuk memfilmkan audisinya sendiri dan mengirimkannya ke produser. Namun, Marlon Brando awalnya menolak kehadiran Russo yang belum pernah berakting dalam film sebelumnya. Hal ini membuat Russo marah dan mengancam Brando. Namun, tindakan nekat ini malah menjadi berkah tersembunyi bagi Russo: Brando mengira bahwa Russo hanyalah berakting dan ia yakin Russo sangat cocok untuk mendapatkan peran Carlo.

5. Selama syuting, James Caan dan Gianni Russo tidak akur dan sering terlibat perselisihan. Saat syuting adegan di mana Sonny menghajar Carlo, Caan melemparkan tongkat kasti pada Russo dengan sangat keras dan nyaris mengenai kepalanya. Caan benar-benar mematahkan dua tulang rusuk dan merusak siku Russo. Pengambilan gambar adegan ini memerlukan waktu empat hari dengan menampilkan lebih dari 700 orang figuran. Penggunaan tutup tong sampah untuk memukul Carlo adalah improvisasi Caan.

6. Kucing yang dipegang Don Corleone dalam adegan pembuka film adalah kucing liar yang ditemukan Marlon Brando di gedung Paramount, dan awalnya tidak ada dalam naskah film. Kucing itu beberapa kali mengeram dan mengaburkan dialog-dialog Brando, sehingga sebagian besar kalimatnya harus diulang.

7. Sylvester Stallone muda pernah mengikuti audisi film ini untuk mendapatkan peran Paulie Gatto dan Carlo Rizzi, tetapi ia tidak mendapatkannya. Stallone memutuskan untuk mencoba peruntungannya dalam menulis naskah. Ia pertamakali menyelesaikan skenario untuk film The Lord’s of Flatbush (1974) yang cukup sukses. Ia kemudian meraih kesuksesannya dalam film Rocky (1976), yang juga menampilkan Talia Shire, pemeran Connie Corleone dalam film The Godfather.

8. Al Pacino, James Caan, dan Diane Keaton hanya dibayar sebesar 35.000 dolar dalam film The Godfather, meski pada akhirnya film ini sukses meraup keuntungan lebih dari 134 juta dolar.

9. Adegan di mana Enzo datang untuk mengunjungi Vito Corleone di rumah sakit disyuting secara terbalik, yakni adegan di luar rumah sakit yang diambil terlebih dahulu. Gabriele Torrei, aktor yang memerankan Enzo, tidak pernah berakting di depan kamera sebelumnya dan ekspresinya yang gugup dan gemetar setelah mobil mafia menjauh adalah nyata.

10. Kata-kata legendaris Don Corleone, “I’m gonna make him an offer he can’t refuse,” terpilih masuk ke dalam daftar 100 kutipan film terbaik oleh American Film Institute, kutipan ini ada di peringkat kedua setelah kutipan “Frankly my dear, I don’t give a damn” dari film Gone with the Wind (1939).

Komentar Anda