Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 19 April

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa peristiwa besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 19 April:

kilas balik

2005: Kardinal Joseph Ratzinger terpilih menjadi Paus dengan nama Benediktus XVI; ia adalah Paus kelahiran Jerman pertama sejak abad ke-11 dan menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri (2013) sejak abad ke-15.

1995: Sebuah bom besar yang disembunyikan di sebuah truk sewaan meledak di depan Gedung Federal Alfred P. Murrah di Oklahoma City, menewaskan 168 orang (termasuk 19 anak-anak) dan melukai lebih dari 500 orang.

1993: Para agen federal berusaha menghancurkan dinding gedung kelompok religious Branch Davidian di Waco, Texas, yang sudah dikepung sejak Februari 28; gas air mata dipompa ke dalam gedung, yang kemudian terbakar; selama kebakaran 76 anggota kultus, termasuk 17 anak-anak, tewas karena terbakar atau terkena tembakan para agen federal. Kelompok ini diduga melakukan pelanggaran senjata. Surat perintah pencarian dan penangkapan dikeluarkan oleh agen federal Biro Alkohol, Tembakau, dan Senjata Api AS.

1951: Douglas MacArthur dengan tegas membenarkan tindakannya di Korea dalam pidatonya di Kongres dan diakhiri dengan ucapannya yang terkenal, “tentara tua takkan pernah mati, mereka hanya memudar.”

1943: Sekitar 2.000 tentara Jerman yang didukung oleh kolaborator Lithuania dan Polandia, menyerang Ghetto Warsawa dan lagi-lagi mendapatkan perlawanan serius ketika hendak mendeportasi orang-orang Yahudi yang tersisa di ghetto tersebut

1775: Tentara Inggris dari Boston bertempur dengan sekelompok minutemen (milisi sukarela Amerika) lokal di Lexington, Massachusetts; peristiwa ini menjadi pemicu awal Revolusi Amerika.

Komentar Anda