Mengulas Nokia X – Kelebihan dan Kekurangan

Nokia X, salah satu handset Nokia Android paling ditunggu, akhirnya dilempar ke pasaran. Sampai saat ini, Nokia hanya memproduksi smartphone berbasis Windows milik Microsoft. Namun, meski Nokia secara resmi telah diakuisisi oleh Microsoft baru-baru ini, secara mengejutkan perusahaan asal Finlandia ini merilis ponsel pintar pertamanya yang berbasis Android.

Gambar Nokia X

Diisukan memiliki kode nama Nokia Normandy, ponsel ini ternyata mengusung sesuatu yang sangat berbeda dengan perkiraan banyak orang. Ponsel ini dirilis dalam MWC 2014 di Barcelona dengan tiga model yang berbeda, yakni Nokia X, Nokia X+, dan Nokia XL.

Apa saja fitur-fitur andalan Nokia X?

Sistem Operasi Android

Ini tentu saja sesuatu yang paling mengejutkan dan kontroversial. Android akhirnya dibenamkan pada handset Nokia. Pengguna bisa menjelajahi semua fitur menarik khas Android, mengunduh ribuan aplikasi dari Google Play Store, dan menikmatinya di Nokia X. Nokia X saat ini mengusung OS Android Jelly Bean v4.1.2.

Prosesor

Nokia X memiliki prosesor CPU Dual Core 1GHz Cortex A-5, GPU Adreno 203, dan chipset Qualcomm Snapdragon untuk performa yang lebih baik dan lebih cepat pada platform Android.

Kamera

Kamera adalah hal paling penting dalam sebuah ponsel pintar. Pengguna mungkin akan sedikit kecewa karena Nokia X hanya dilengkapi kamera utama sebesar 3.5MP tanpa kamera sekunder. Handset ini bisa merekam video berseolusi 480 piksel dengan kecepatan 30 frame per detik.

Desain dan Tampilan

Nokia X merupakan ponsel pintar berukuran 4 inci. Layarnya adalah IPS LCD capacitive touchscreen yang mampu menampilkan 16 juta warna. Layar ini juga mendukung multi touch dengan dua jari.

—Spesifikasi Kunci Nokia X—

OS Android Jelly Bean v4.1.2
Kamera utama 3.5MP
Memori internal 4GB​​
RAM 512MB
Prosesor dual core 1GHz
Layar sentuh 4 inci

Kelebihan:

Harga relatif murah
Platform Android pada hardware Nokia (untuk pertama kalinya)
Prosesor 1GHz
Performa tangguh

Kekurangan:

Kamera utama terlalu standart
Tidak ada kamera kedua
Kurang aplikasi asli
Ruang penyimpanan cukup kecil

Komentar Anda