Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 17 April

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa peristiwa besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 17 April:

kilas balik

2000: Paul Kagame menjadi orang Tutsi pertama yang terpilih sebagai presiden Rwanda.

1982: Konstitusi Undang-undang Kanada mulai berlaku; disahkan oleh Parlemen Inggris, konstitusi ini memberikan hak pada Kanada untuk mengamandemen konstitusinya sendiri, hak yang sudah diamanatkan pada Westminster di bawah konstitusional lama, yakni Undang-Undang Amerika Utara Britania 1867.

1980: Bekas jajahan Inggris, Rhodesia, mendapat kemerdekaannya sebagaimana Zimbabwe; Robert Mugabe menjadi presiden republik baru itu.

1970: Tiga astronot yang kedinginan, lelah, dan sangat beruntung nyaris tidak bisa kembali ke bumi setelah sebuah ledakan melumpuhkan pesawat ruang angkasa mereka, Apollo 13.

1961: Sekitar 1.500 warga buangan Kuba, yang dibiayai oleh CIA, mendarat di Teluk Babi di pantai barat daya Kuba; upaya ini gagal untuk menggulingkan rezim Fidel Castro yang menjadi bencana bagi pemerintahan Kennedy.

1790: Patriot AS, Benjamin Franklin, meninggal dunia di Philadelphia, setelah menjalani kehidupan yang luar biasa sebagai moralis, esais, pemimpin sipil, ilmuwan, penemu, diplomat, filsuf, dan negarawan.

Komentar Anda